Sebut Forum Debat Pilpres Bisa Jadi Referensi Pemilih, Ganjar: Lihat Pertanyaan dan Jawabannya

| 27 Jan 2024 13:13
Sebut Forum Debat Pilpres Bisa Jadi Referensi Pemilih, Ganjar: Lihat Pertanyaan dan Jawabannya
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo di Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Syaiful Hakim/aa.

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyebut, forum debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa menjadi referensi masyarakat untuk menentukan pilihannya pada 14 Februari mendatang.

Hal itu itu disampaikan dalam orasinya saat menghadiri kampanye akbar 'Hajatan Rakyat' di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

"Anda semua punya referensi untuk memilih. Maka bagaimana cara melihatnya? Lihatlah debat para kandidat," kata Ganjar dikutip dari kanal YouTube Ganjar Pranowo.

Menurutnya, di forum debat pilpres, masyarakat dapat melihat bagaimana masing-masing kandidat menyampaikan visi misi dan programnya, argumen, serta jawaban-jawaban terkait beragam isu.

Dia lantas menyindir, dalam debat ada kandidat yang bisa menyampaikan pertanyaan dan jawaban dengan baik. Tapi juga sebaliknya, melemparkan pertanyaan namun ternyata tidak tahu jawabannya.

"Akan akan melihat satu per satu (kandidat). Apa pertanyaannya, bagaimana cara menjawabnya, tahu atau tidak tahu, atau barangkali memang tidak tahu," kata Ganjar.

Lebih lanjut, mantan gubernur Jawa Tengah itu mengajak para pendukungnya untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud pada 14 Februari mendatang.

Dia meminta para pendukungnya untuk menyampaikan kepada masyarakat lainnya apa yang menjadi program kerja Ganjar-Mahfud. Mulai dari 1 keluarga 1 sarjana, hingga KTP SAKTI.

"Terakhir tentu saja, ajak masyarakat untukk latihan nyoblos. Agar mereka paham nomor berapa yang akan mereka coblos. Angkat tangan semua nomor berapa?" kata Ganjar.

"Saya titip kepada bapak ibu warga Cirebon, kita akan berjuang bersama untuk memenagkan pemilu di 2024," imbuhnya.

Di akhir orasinya, Ganjar menegaskan, dia bersama Mahfud berjanji tidak akan mengingkari janji-janji kampanyenya apabila memenangkan Pilpres 2024.

"Mulai siang ini di Cirebon, saya mengingatkan, rakyat tidak pernah takut, tidak pernah ada yang boleh ingkar janji," pungkasnya.

Rekomendasi