Survei Terbaru Roy Morgan: Prabowo 43 Persen, Ganjar 30 Persen, dan Anies 24 Persen

| 02 Feb 2024 08:36
Survei Terbaru Roy Morgan: Prabowo 43 Persen, Ganjar 30 Persen, dan Anies 24 Persen
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Facebook Ganjar Pranowo)

ERA.id - Lembaga Survei yang berbasis di Australia, Roy Morgan, merilis temuan hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 di Indonesia.

Roy Morgan merekam elektabilitas masing-masing capres yakni, Capres 01, Anies Baswedan (24 persen); Capres 02, Prabowo Subianto (43 persen); dan Capres 03, Ganjar Pranowo (30 persen).

Temuan survei Roy Morgan menunjukkan, nama Prabowo merajai perolehan elektabilitas di antara kedua kandidat presiden lainnya. Direktur Roy Morgan Indonesia, Ira Soekirman mengatakan, elektabilitas Prabowo melonjak.

“Runner-up tahun 2019, Prabowo Subianto telah unggul dengan perolehan suara sebesar 43 persen (naik 13 poin sejak kuartal September 2023) dan hampir memenangkan Pilpres pada putaran pertama,” tulis Ira Soekirman lewat keterangan hasil survei, Kamis (1/2/2024).

Sementara untuk kandidat 01 dan 03, keduanya terus bersaing memperebutkan posisi kedua. Prabowo sendiri menguasai elektabilitas di empat pulau, yakni Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Ira mengatakan bahwa capres yang masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu, kini telah memimpin di semua pusat populasi utama di seluruh Indonesia.

“Prabowo memimpin dengan kuat di pulau Jawa yang paling padat penduduknya di Indonesia dengan dukungan 41 persen, unggul 8 persen dari Ganjar (33 persen) dan 16 poin di atas Anies (25 persen)” katanya.

Sementara untuk Ganjar, capres dengan parpol pengusung utama PDIP ini, merajai Jawa Tengah. Provinsi yang terkenal sebagai basis massanya PDIP ini, elektabilitas Ganjar moncer. Ganjar mendulang 56 persen elektabilitas di provinsi ‘kandang banteng’ tersebut.

“Di Jawa Tengah, provinsi asal Ganjar, kandidat dari PDIP ini tetap unggul dengan perolehan suara sebesar 56 persen, jauh di atas Prabowo (40 persen) dan Anies tertinggal jauh dengan hanya memperoleh 4 persen,” katanya.

Ira mengatakan bahwa Prabowo memiliki keunggulan lebih besar di Sumatra yang merupakan pulau terpadat kedua di Indonesia.

Prabowo memperoleh hampir separuh suara dengan 49 persen suara di pulau tersebut. Angka ini hampir dua kali lipat posisi elektabilitas Anies di Sumatra, yakni 26 persen. “Dan lebih dari dua kali lipat Ganjar (23 persen)” katanya.

Prabowo juga memiliki keunggulan di dua pulau terpadat berikutnya di Indonesia, yaitu Sulawesi dan Kalimantan. Di Sulawesi Prabowo meraup 56 persen, di depan Ganjar (24 persen) dan Anies (17 persen). “Dan di Pulau Kalimantan, Prabowo (28 persen) memimpin Anies (23 persen) dan Ganjar (14 persen)” ujarnya.

Survei Roy Morgan dilakukan pada Oktober-Desember 2023 dengan melibatkan 2.561 pemilih berusia 17 tahun ke atas. Jejak pendapat dilakukan di seluruh Indonesia dengan metode wawancara tatap muka di 17 provinsi. Tingkat kesalahan survei dipatok di angka kurang lebih 2,1 persen.

Rekomendasi