Mahfud MD Ingatkan Pegawai Kemenko Polhukam Jangan Culas: Ada Hukum Alam

| 02 Feb 2024 15:00
Mahfud MD Ingatkan Pegawai Kemenko Polhukam Jangan Culas: Ada Hukum Alam
Mahfud MD menyampaikan sambutan pada hari terakhir kerja sebagai Menko Polhukam, Jumat (2/2/2023). ANTARA/Aprillio Akbar

ERA.id - Mahfud MD mengingatkan jajaran pegawainya jangan culas dan tetap bekerja jujur pada hari terakhirnya bekerja sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Jumat (2/2/2024).

Saat memimpin apel pagi di pelataran Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Mahfud mengatakan bahwa tidak ada orang bernasib baik ketika berbuat culas.

"Yang terpenting teruslah bekerja dengan penuh kejujuran. Tidak boleh culas, tidak boleh culas. Saudara, setiap keculasan itu pasti akan menimbulkan akibat buruk bagi siapa pun. Hanya nunggu waktu," ujar Mahfud.

Menurutnya, orang culas akan mendapatkan balasan dari Tuhan atau semesta dan tidak akan selamat.

"Hati-hati setiap keculasan itu hanya menambah tumpukan-tumpukan penderitaan yang akan terjadi nanti pada saatnya. Coba, lihat saja, saudara-saudara yang masih muda-muda ini enggak tahu dulu Pak Harto (Soeharto, presiden kedua RI, red.) itu hebatnya sudah, sudah kaya setengah Tuhan," kata Mahfud.

Mahfud menceritakan selama menjabat Pak Harto begitu berkuasa. Namun, saat beliau jatuh, banyak orang dekatnya yang kemudian menjauh.

"Itulah hukum alam di mana-mana," kata Mahfud.

Ia berpesan kepada jajaran pegawai Kemenko Polhukam untuk tidak terbawa arus kekuasaan karena kekuasaan akan berganti.

"Kekuasaan itu bergilir, pasti ada saatnya akan terjadi pergantian," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Mahfud berterima kasih kepada jajaran pegawai Kemenko Polhukam, termasuk para deputi dan pejabat kementerian yang membantu dia bekerja selama menjabat sebagai menteri.

Dalam kesempatan yang sama, Mahfud berterima kasih kepada jajaran pegawai Kemenko Polhukam, termasuk para deputi dan pejabat kementerian yang membantu dia bekerja selama menjabat sebagai menteri.

"Saudara sekalian, terima kasih. Sekali lagi, terima kasih," kata Mahfud pada hari terakhir dia bekerja sebagai Menko Polhukam.

Mahfud memulai hari terakhirnya bekerja dengan berolahraga bersama pegawai Kemenko Polhukam di lapangan Monumen Nasional. Dia tiba sekitar pukul 07.00 WIB dan mereka berolahraga sekitar 30 menit.

Selanjutnya, ia memimpin apel pagi dan memberi arahan terakhir kepada jajaran pegawainya. Mahfud lanjut masuk ke ruangan kerjanya dan membereskan barang-barangnya.

Setelah berbincang-bincang dengan jajaran pejabat Kemenko Polhukam, Mahfud meninggalkan Kantor Kemenko Polhukam menggunakan kendaraan pribadinya beberapa jam kemudian, 

Sebelumnya, Mahfud telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (1/2/2024). Salah satu alasannya karena saat ini ia maju mengikuti kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Rekomendasi