Sudah Bertemu Surya Paloh, Anies: Diskusi Perkembangan Pelaksanaan Pemilu

| 16 Feb 2024 15:55
Sudah Bertemu Surya Paloh, Anies: Diskusi Perkembangan Pelaksanaan Pemilu
Anies Baswedan usai salat Jumat di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan. (ERA/Flori Sidebang)

ERA.id - Calon presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan angkat bicara mengenai pertemuan dirinya dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Dia menyebut, dalam pertemuan itu, mereka membahas soal perkembangan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kita diskusi tentang perkembangan saja, perkembangan kemarin (pelaksanaan pemilu), menantau situasi, saling mencocokkan pandangan," kata Anies usai salat di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Anies mengungkapkan, ia dan Paloh memiliki pandangan yang sama terkait pengawasan pesta demokrasi tersebut. Salah satunya, yakni berkaitan dengan pengumpulan fakta berbagai dugaan kecurangan dalam pemilu.

"Pandangan kita sama bahwa kita harus memantau semua pelaksanaan kemarin, mengumpulkan fakta-fakta, sehingga nanti ketika kita berbicara menyampaikan sikap, itu berdasarkan pada fakta," ungkap Anies.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) juga menegaskan bahwa pengawalan terhadap penghitungan suara dalam Pemilu 2024 masih perlu dilakukan. Sebab, diduga ada pelanggaran yang terjadi secara sistematis.

Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN, Hamdan Zoelva mengatakan, pihaknya menemukan indikasi dan benang merah kecurangan antara sebelum, pada saat, dan setelah pencoblosan. Sehingga Timnas AMIN tengah mengumpulkan berbagai bukti.

"Kami sekarang ini sedang kumpulkan bukti terkait yang berkaitan dengan pelanggaran-pelanggaran yang terstruktur, sistemik, dan masif," kata Hamdan kepada wartawan, Kamis (15/2).

Rekomendasi