Ini Pesan Jokowi ke Hadi Tjahjanto Usai Dilantik Jadi Menko Polhukam

| 21 Feb 2024 15:05
Ini Pesan Jokowi ke Hadi Tjahjanto Usai Dilantik Jadi Menko Polhukam
Presiden Joko Widodo. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menyampaikan sejumlah tugas kepada Hadi Tjahjanto yang baru saja dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD. Jokowi meminta Hadi untuk menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan negara.

“Saya tadi sudah pesan beberapa hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban,” kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Selain itu, Hadi juga diminta memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan investasi di Tanah Air. Jokowi yakin Hadi bisa melakukan tugas barunya dengan baik karena pernah memiliki pengalaman sebagai Panglima TNI.

“Pak Menko Polhukam kita tahu beliau dulu panglima, saya kira untuk mengatasi hal yang berkaitan politik, hukum, dan keamanan sangat, sangat siap,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam, menggantikan Mahfud MD. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (21/2).

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Hadi Tjahjanto.

Diketahui, kursi Menko Polhukam kosong sejak 1 Februari 2024 setelah Mahfud MD resmi mengundurkan diri. Adapun Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sempat ditunjuk sebagai Plt Menko Polhukam.

Alasan Mahfud MD mundur dari jabatan menko polhukam adalah untuk menghindari konflik kepentingan. Sebab saat itu, mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Rekomendasi