Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwono X Bahas Kondisi Usai Pemilu

| 24 Feb 2024 15:26
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwono X Bahas Kondisi Usai Pemilu
Hadi Tjahjanto (Dok. Istimewa)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto bersilaturahmi ke kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono X di Keraton Yogyakarta, Jumat (23/2). Keduanya membahas sejumlah hal, diantaranya terkait dengan kondisi Indonesia pasca tahapan Pemilu pada 14 Februari lalu.

"Ini adalah silaturahmi biasa. Saya menyampaikan bahwa saya baru saja dilantik menjadi Menko Polhukam dan saya mohon doa restu kepada Ngarso Dalem dan kami bercerita banyak, cerita yang ringan-ringan saja," kata Hadi dikutip dari keterangan tertulis resminya, Sabtu (24/2/2024).

"Kami juga menyinggung terkait pasca pemilu ini, situasi alhamdulillah sangat baik, sangat kondusif, sehingga situasi yang seperti ini tentunya kita koordinasi untuk tetap kita jaga dan pertahankan," sambungnya.

Hadi menyampaikan bahwa saat ini seluruh masyarakat Indonesia sedang menunggu hasil pengumuman resmi sampai dengan nantinya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Dia berharap kondisi yang kondusif saat ini bisa tetap terjaga hingga seluruh tahapan pemilu tersebut selesai.

"Saya kira kondisi seperti ini harus terus dipertahankan dan itu menjadi bagian dari tanggung jawab seluruh komponen bangsa, supaya pembangunan yang sedang berjalan ini dapat terus terlaksana dengan baik," ujar mantan Panglima TNI itu.

Pada kesempatan itu, Hadi menegaskan tidak membahas hal lain di luar penugasannya sebagai Menko Polhukam. Menurut dia, hal utama saat ini adalah menjaga stabilitas keamanan.

"Tradisi saya selalu sowan kepada Ngarso Dalem. Saya hanya ngomong biasa saja sesuai dengan tugas saya, yaitu menjaga stabilitas keamanan dan kondisi seperti inilah yang harus kita pertahankan supaya rakyat juga tenang dan itu bagian tugas yang harus saya jaga," jelas dia.

Mantan Menteri ATR / BPN Ini juga menyampaikan bahwa Sri Sultan HB X memberikan beberapa wejangan yang berkaitan dengan dirinya sebagai menteri.

"Intinya adalah menjaga keamanan dan Sultan juga sangat mendukung untuk menjaga kondusifitas yang saat ini sedang berjalan, yaitu agar tetap aman dan damai," ungkap Hadi.

Rekomendasi