Panglima TNI: 2.820 Prajurit Direncanakan Bakal Pindah ke IKN Tahun Ini

| 28 Feb 2024 16:32
Panglima TNI: 2.820 Prajurit Direncanakan Bakal Pindah ke IKN Tahun Ini
Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto. (Antara)

ERA.id - Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, sebanyak 2.820 prajurit akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Rencana lemindahan prajurit tersebut bakal dilakukan tahun 2024.

Hal itu disampaikan Agus saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

"Pada tahun ini juga direncanakan pemindahan personel TNI, baik Mabes TNI, TNI AD, AL, dan AU sejumlah 2.820 orang," kata Agus di lokasi.

Meski demikian, Agus menjelaskan, proses pemindahan personel akan menyesuaikan kesiapan bangunan dan perkantoran di IKN. Rencana ini, kata dia, selaras dengan visi TNI, yaitu well organized.

“Untuk itu, kami sangat mengharapkan dukungan Bapak Presiden (Joko Widodo) dalam rangka mewujudkan rencana di atas,” ujar Agus.

Selain itu, Agus melaporkan bahwa TNI tengah berupaya meningkatkan tunjangan kinerja personel menjadi 80 persen. Dia mengungkapkan, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk mewujudkan upaya tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan Menteri PAN RB dan Bappenas untuk dapat memberikan rekomendasi bagi TNI dalam rencana kenaikan tunjangan kinerja tersebut," ungkap jenderal bintang empat itu.

Adapun dalam Rapim TNI-Polri itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto serta sejumlah tokoh penting. Diantaranya, yaitu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Lalu, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, Wakapolri Komjen Agus Andrianto hingga Wamenhan M Herindra.

Rekomendasi