Libatkan 31.447 Prajurit, TNI Gelar 41 Operasi Dalam Negeri dan Luar Negeri Pada 2024

| 28 Feb 2024 17:22
Libatkan 31.447 Prajurit, TNI Gelar 41 Operasi Dalam Negeri dan Luar Negeri Pada 2024
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Antara)

ERA.id - Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, ada 41 jenis operasi dalam negeri yang digelar TNI pada 2024. Dia menyebut, operasi itu melibatkan puluhan ribu prajurit.

Hal ini Agus sampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

"Kami laporkan bahwa pada tahun 2024 ini TNI menyelenggarakan 41 jenis operasi dalam negeri dengan melibatkan 31.447 prajurit TNI," kata Agus di lokasi.

Selain itu, sambung dia, terdapat 2.514 prajurit TNI yang menjalankan peran diplomasi militer ke luar negeri. Upaya ini, jelas Agus, sebagai bagian dari pasukan pemeliharaan perdamaian dunia.

"Seperti UNIFIL di Lebanon, MONUSCO di Kongo, MONUSCA di Afrika tengah, dan beberapa di negara konflik lainnya di dunia," ungkap Agus.

"Hal ini menunjukkan tingginya kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia," sambungnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menambahkan, sebagai pemimpin tertinggi di tubuh TNI, dia memiliki misi untuk mewujudkan TNI yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif atau disingkat PRIMA. Dia pun berterima kasih atas dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap TNI.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden (Joko Widodo) atas adanya peningkatan indeks dukungan operasi dalam negeri untuk prajurit TNI mulai bulan Januari tahun ini," ujar Agus.

Rekomendasi