Polri Akan Lakukan Rekayasa Lalin di Tol Trans Jawa Saat Mudik 2024

| 06 Mar 2024 21:16
Polri Akan Lakukan Rekayasa Lalin di Tol Trans Jawa Saat Mudik 2024
Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. (ERA.id/Sachril).

ERA.id - Polri akan melakukan rekayasa lalu lintas di ruas Tol Trans Jawa pada saat periode arus mudik dan arus balik libur Idul Fitri 2024.

"Polri akan menerapkan beberapa hal Melalui Korlantas yaitu rekayasa lalu lintas pada arus mudik dan arus balik tentunya pada Idul Fitri 2024," kata Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu (6/3/2024).

Namun, rekayasa lalu lintas bersifat situasional atau melihat volume kendaraan di lapangan. Penerapan rekayasa lalu lintas berupa contraflow, one way, dan pembatasan angkutan barang dan akan mulai diperlakukan pada 5 April 2024.

"Kemudian juga pada sistem contraflow dilakukan mulai dari Km 36, sedangkan one way ditetapkan dari Km 72 Cipali sampai dengan km 414 Tol Kalikangkung," ujarnya.

Dalam pengamanan libur panjang Idul Fitri 2024 ini, Polri bersama stakeholder terkait nantinya akan menggelar Operasi Ketupat 2024. 

Terkait apakah akan diberlakukan tilang manual dan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kepada pengendara yang akan melakukan mudik, Trunoyudo tak memberi jawaban secara gamblang. Jenderal bintang satu Polri ini hanya menyebut rapat bersama instansi terkait Operasi Ketupat 2024 bakal dilakukan.

"Terkait dengan nanti pada saat pelaksanaan Operasi Ketupat, kita akan melakukan rapat koordinasi baik secara internal maupun juga secara nasional, dan nanti daerah-daerah secara eksternal dengan stakeholder. Tentunya tadi kami sampaikan kita tunggu, tentu awal kesiapan sudah dilakukan dengan beberapa stakeholder dan Korlantas Polri," jelasnya.

Rekomendasi