2.086 Hektare Lahan IKN Masih Bermasalah, AHY: Segera Kami Tuntaskan

| 07 Mar 2024 13:00
2.086 Hektare Lahan IKN Masih Bermasalah, AHY: Segera Kami Tuntaskan
Tangkapan layar Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) /YouTube/Kementerian ATR/BPN

ERA.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditugaskan Presiden Joko Widodo menuntaskan masalah lahan sebesar 2.086 hektare di Ibu Kota Nusantara (IKN)

"Dalam kunjungan ke IKN pada pekan lalu, Bapak Presiden RI Jokowi juga mengingatkan kepada kita tentang penyelesaian persoalan 2.086 hektare lahan di IKN. Persoalan ini harus segera dituntaskan dengan clean and clear," ujar AHY saat menyampaikan sambutannya dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian ATR/BPN 2024 yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (7/3/2024), dikutip dari Antara.

Dengan demikian, lanjutnya, para investor memiliki jaminan kepercayaan atas investasinya di IKN.

"Untuk itu saya meminta para pejabat eselon I disupervisi oleh Bapak Wakil Menteri/Wakil Kepala BPN (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni untuk segera menyelesaikan tugas ini. Tolong laporkan progresnya kepada saya pada kesempatan pertama," kata AHY.

AHY mengatakan pembangunan IKN di Kalimantan Timur menjadi representasi Indonesia yang semakin maju dan sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Pemerintah melalui pembangunan IKN ingin menampilkan kehidupan di tengah-tengah hutan dengan ekosistem yang berkelanjutan untuk generasi berikutnya. Dirinya memastikan akan terus mendukung pembangunan IKN.

AHY mengungkapkan terdapat 9 rencana detail tata ruang (RDTR) IKN yang sudah tuntas, kemudian ada juga 21 paket pengadaan tanah IKN di mana 10 paket sudah tuntas, sedangkan yang 11 paket tersisa 20 persen lagi.

Rekomendasi