Rekapitulasi Nasional KPU RI: Prabowo-Gibran Menang Telak di Bali, Kalahkan Ganjar-Mahfud

| 11 Mar 2024 11:00
Rekapitulasi Nasional KPU RI: Prabowo-Gibran Menang Telak di Bali, Kalahkan Ganjar-Mahfud
Pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Istimewa)

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terus menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tingkat nasional.

Dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara nasional yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Minggu (10/3), ditetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang telak di Provinsi Bali, mengalahkan pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan jumlah penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden sudah cocok dengan jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) serta jumlah suara sah dan tidak sah, yakni sebanyak 2.740.692 lembar.

"Bisa kita terima dan kita sahkan ya, bismillah sah," kata Hasyim dikutip dari Antara, Senin (11/3/2024).

Sementara Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan memaparkan bahwa perolehan suara Prabowo-Gibran sebanyak 1.454.640 suara, kemudian disusul pasangan Ganjar-Mahfud 1.127.134 suara, dan pasangan Anies-Muhaimin 99.233 suara.

Dia menjelaskan jumlah pemilih yang tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT) di Provinsi Bali sebanyak 3.269.516 orang. Dari angka DPT tersebut, jumlah yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 2.704.450 orang.

Kemudian ada sebanyak 17.496 orang yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih tambahan (DPTb), serta ada 18.746 orang yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih khusus (DPK).

"Jumlah pengguna hak pilih, laki-laki 1.365.691 orang, perempuan 1.375.001 orang, jumlah total 2.740.692 orang," kata Gede Lidartawan.

Sebagai informasi, pasangan nomor urut satu, Anies-Muhaimin diusung oleh empat partai politik yaitu NasDem, PKB, PKS, dan Ummat.

Sementara pasangan nomor urut dua, Prabowo-Gibran diusung oleh sembilan partai politik. Diantaranya yaitu Partai Gerindra, Golkar, PAN, PSI, Garuda, Prima, Gelora, PBB, dan Demokrat.

Sedangkan pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diusung oleh empat partai politik yaitu PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura.

Adapun Bali dikenal sebagai kandang banteng atau basis suara milik PDIP. Pasangan Ganjar-Mahfud digadang-gadang bakal memenangkan Pilpres 2024 di Pulau Dewata.

Rekomendasi