Penjelasan Lion Air Tujuan Jeddah yang Berputar-putar di Langit Kota Binjai Mendarat di Kualanamu

| 12 Mar 2024 09:35
Penjelasan Lion Air Tujuan Jeddah yang Berputar-putar di Langit Kota Binjai Mendarat di Kualanamu
Pesawat Lion Air bersiap pendaratan di Bandara Kualanamu. (Tangkapan layar/istimewa)

ERA.id - Pesawat Lion Air yang terbang dari Surabaya menuju Jeddah, Arab Saudi, alihkan pendaratan di Bandara Kualanamu Internasional, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut). Pesawat ini sempat membuat heboh dan panik warga yang melihat mutar-mutar di langit pada Senin (11/3/2024).

Kejadian ini dialami warga Deliserdang dan Kota Binjai yang heboh melihat pesawat yang belakangan diketahui dengan nomor penerbangan JT-106 itu mutar-mutar sejak sore hingga malam hari.

Pesawat Lion Air ini melakukan pendaratan sementara di Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deliserdang. Pendaratan di Bandara Kualanamu berlangsung aman untuk dilakukan kembali penjadwalan penerbangan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengungkapkan bahwa pengalihan pendaratan, untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Pengalihan tersebut bukan disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat," kata Danang dalam siaran pers yang diterima wartawan.

Soal pesawat berputar-putar, katanya, sebelum mendarat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, pesawat melakukan holding di udara untuk beberapa waktu. Hal ini bertujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar.

"Langkah ini diambil untuk memastikan pendaratan sesuai dengan limitasi berat pesawat saat melakukan pendaratan," jelas Danang.

Setelah berhasil mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, pesawat melanjutkan penerbangannya menuju Jeddah setelah bandar udara di Colombo, Sri Lanka, dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani.

"Seluruh prosedur yang diambil dalam kejadian ini menunjukkan komitmen Lion Air dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru pesawat," tutur Danang.

Hal ini, menjadi pengalaman yang menarik dan mengingatkan bagi Lion Air dalam menghadapi situasi darurat di udara, serta memberikan jaminan keselamatan bagi seluruh penumpangnya. Semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.

"Penerbangan Lion Air, saat ini telah kembali melanjutkan perjalanannya. Pesawat tersebut sudah lepas landas dari Kualanamu dan kini sedang dalam penerbangan menuju Jeddah," kata Danang.

Rekomendasi