Pimpin Demo di DPR, Din Syamsuddin Sebut Presiden Jokowi Layak Dimakzulkan

| 19 Mar 2024 20:45
Pimpin Demo di DPR, Din Syamsuddin Sebut Presiden Jokowi Layak Dimakzulkan
Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin sebut Jokowi layak dimakzulkan. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Sejumlah massa yang terdiri dari kelompok masyarakat dan mahasiswa menggelar demo tolak kecurangan Pemilu 2024 di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/3/2024). Salah satunya mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GKPR).

Dalam aksi itu turut dihadiri oleh mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sirajuddin Syamsuddim alias Din Syamsuddin. Dia sempat memimpin orasi dan menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) layak untuk dimakzulkan.

Awalnya, dalam orasi itu Din Syamsuddin mengatakan, Pemilu 2024 tidak hanya diwarnai kecurangan dan manipulasi. Namun, pemimpin di Indonesia telah merampas hak rakyat dengan berbagai tekanan, intimidasi hingga iming-iming melalui pembagian bantuan sosial (bansos).

"Bukan hanya pemilu curang, brutal, kejam, penuh dengan penipuan dan manipulasi, tapi ini semua adalah kejahatan terhadap rakyat dan kejahatan terhadap kedaulatan rakyat," kata Din.

Din mengatakan, Presiden Jokowi telah merusak kedaulatan rakyat. Bahkan, menurut dia, presiden menjadi sumber berbagai masalah yang timbul. Sehingga ia menilai, Presiden Jokowi layak untuk dimakzulkan. 

"Karena sumber masalah, sumber pemasalahan, sumber dari segala masalah bangsa adalah seorang presiden, maka presiden tersebut layak untuk dimakzulkan," tegas Din.

Rekomendasi