16 Orang Diamankan dari Demo di Gedung DPR dan KPU Kemarin

| 20 Mar 2024 13:15
16 Orang Diamankan dari Demo di Gedung DPR dan KPU Kemarin
Iustrasi polisi tangkap pendemo. (Antara)

ERA.id - Polda Metro Jaya menyampaikan sebanyak 16 orang diamankan buntut demonstrasi di depan gedung DPR/MPR, Jakarta, dan gedung KPU, Jakarta Pusat, Jakarta, pada Selasa (19/3) kemarin.

"Dari lokasi aksi unjuk rasa di KPU ada delapan orang, yang dilakukan pemeriksaan. Aksi unras di gedung DPR RI ada delapan orang yang dilakukan pemeriksaan untuk didalami secara simultan oleh petugas kepolisian," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Merujuk UU, Ade Ary menjelaskan aksi penyampaian pendapat berlangsung sampai pukul 18.00 WIB. Sementara ke-16 orang itu diamankan karena mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. 

Namun, mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini belum merinci peran masing-masing orang yang diamankan.

Dia hanya menambahkan polisi membubarkan demonstrasi di depan gedung DPR kemarin malam karena tak menggubris imbauan untuk meninggalkan lokasi.

"Tentunya ada alasan rekan petugas kepolisian melakukan pemeriksaan terdapat beberapa orang ini karena ada gangguan keamanan dan ketertiban tadi malam. Namun secara persuasif sudah dilakukan imbauan literasi komunikasi sudah dilakukan," jelasnya.

Ade pun meminta masyarakat untuk mematuhi peraturan yang berlaku ketika berunjuk rasa.

Rekomendasi