Tersandung Kasus Korupsi Timah, Kejagung Tetapkan Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka

| 27 Mar 2024 22:56
Tersandung Kasus Korupsi Timah, Kejagung Tetapkan Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka
Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersanga kasus korupsi timan. (Dok. Kejagung)

ERA.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Kuntadi mengatakan, penetapan tersangka terhadap suami artis Sandra Dewi itu dilakukan setelah pemeriksaan secara intensif.

"Tim penyidik memandang telah cukup alat bukti sehingga yang bersangkutan kita tingkatkan statusnya sebagai tersangka, yaitu suadara HM," kata Kuntadi di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Harvey pun langsung ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba selama 20 hari kedepan setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

"Selanjutnya, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk kepentingan penyidikan, yang bersangkutan dilakukan tindakan penahanan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk 20 hari ke depan," ucapnya.

Sebagai informasi, Kejagung tengah mengusut kasus dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah IUP PT Timah Tbk 2015-2022.

Diduga terdapat pelanggaran yang dilakukan terkait kerja sama pengelolaan lahan PT Timah Tbk dengan pihak swasta secara ilegal.

Hasil pengelolaan itulah yang kemudian dijual kembali oleh pihak swasta kepada PT Timah Tbk sehingga berpotensi menimbulkan kerugian negara.

Dalam perkara ini Kejagung telah menetapkan 15 orang sebagai tersangka. Termasuk, crazy rich dari Pantai Indah Kapuk (PIK), Helena Lim.

Rekomendasi