Bersebrangan di Pilpres, PDIP Buka Peluang Kerja Sama dengan Gerindra di Pilkada Jatim

| 01 Apr 2024 20:50
Bersebrangan di Pilpres, PDIP Buka Peluang Kerja Sama dengan Gerindra di Pilkada Jatim
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - PDI Perjuangan tak menutup peluang menjalin kerja sama politik dengan Partai Gerindra pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, salah satunya di Jawa Timur.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, meskipun berbeda kubu pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tapi dinamika di tingkat daerah berbeda dengan skala nasional.

"Dinamika politik di tingkat nasional, dengan dinamika politik di provinsi, kabupaten/kota itu berbeda. Karena pilkada itu perspektifnya lebih ke lokal. Sehingga kerja sama memang dimungkinan dengan Gerindra," kata Hasto di Media Center Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Selain dengan Gerindra, tak menutup kemungkinan juga menjalin kerja sama dengan Partai Golkar serta partai lainnya seperti PPP, Hanura dan Perindo.

"Kan (mereka) juga banyak kursi di tingkat provinsi dan kabupaten kota," kata Hasto.

Terkait dengan peluang kerja sama dengan Gerindra di Pilkada Jawa Timur, PDIP mengaku telah melakukan pemetaan untuk menetapkan calon kepala daerah yang hendak diusung.

Nama Khofifah Indar Parawansa termasuk yang dimasukan dalam pemetaan pilkada Jatim.

"Komunikasi-komunikasi politik memang dilakukan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik, termasuk di Jatim, berkomunikasi dengan Mbak Khofifah. Apalagi beliau seorang gubernur Jatim," pungkasnya. 

Rekomendasi