Jokowi Resmi Lantik Tonny Harjono sebagai KSAU

| 05 Apr 2024 11:31
Jokowi Resmi Lantik Tonny Harjono sebagai KSAU
Tonny Harjojno resmi jadi KSAU (YouTube/Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohammad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Pelantikan itu diawali dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Tonny Harjono yang dipimpin oleh Jokowi. Proses pelantikan ini juga ditandai dengan pembacaan Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Tonny mengikuti Jokowi di Istana Negara, Jumat (5/4/2024).

Dalam sumpah jabatan itu, Tonny juga disumpah untuk menjalani tugas dan jabatannya serta menjunjung tinggi etika jabatan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujar Tonny.

Selain melantik Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkata Udara, ia juga menerima kenaikan satu pangkat dari Jokowi. Tonny saat ini pun berpangkat Marsekal.

Pelantikan Tonny Harjono ini menggantikan posisi KSAU sebelumnya yang dijabat oleh Marsekal Fadjar Prasetyo. Fadjar diberhentikan dengan hormat lantaran akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat.

Proses pelantikan Tonny Harjono ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, salah satunya Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kemudian turut hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Lalu Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Rekomendasi