Menhub: Cipali, Merak, Ketapang Jalur Mudik Darat Paling Struggling

| 08 Apr 2024 15:00
Menhub: Cipali, Merak, Ketapang Jalur Mudik Darat Paling Struggling
Menhub Budi Karya Sumardi saat mendampingi Presiden Joko Widodo tinjau Stasiun Senen. (Biro Pers Istana)

ERA.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, terdapat beberapa lokasi jalur darat yang paling menantang untuk ditanggulangi pada musim mudim Idul Fitri 1445 H/2024.

Diantaranya yaitu Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Pelabuhan Merak, Banten.

"Darat memang tempat paling struggling. Ada tiga tempat, ada Cipali, Merak, dan Ketapang," kata Budi dikutip dari Antara, Senin (8/4/2024).

Dari tiga jalur darat tersebut, menurut Budi, Tol Cipali dan Pelabuhan Merak merupakan dua lokasi yang paling menantang untuk ditangani.

Adapun volume lalu lintas mudik secara umum di sektor darat meningkat siginifikan sebesar 13 persen. Jumlah itu relatif lebih banyak dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu sekitar 2 hingga 3 persen.

"Di Cipali sekalipun ada satu naik 23 persen, tetapi tidak ada kemacetan," kata Budi.

Dia menambahkan, situasi mudik di sekitar Pelabuhan Merak juga tidak kalah menantang. Pada periode puncak sejak 6-7 April 2024, terjadi antrean penumpang sepanjang 10 kilometer lebih.

Antrean tersebut dipicu ketidaktaatan calon penumpang dalam memperoleh tiket perjalananan.

"Seperti dikatakan Presiden, terdapat jumlah yang melebihi dan mohon maaf, ketidaktaatan masyarakat pengguna," kata Budi.

"Kalau di kereta api kan mereka punya tiket, dia datang dua jam menunggu. Kalau ini ada yang belum beli tiket, bahkan jalannya besok pagi dia datang, maka terjadilah antrean sebanyak lebih dari 10 kilometer," imbuhnya.

Rekomendasi