Menhub Usulkan WFH untuk Antisipasi Kepadatan Arus balik Mudik

| 12 Apr 2024 15:03
Menhub Usulkan WFH untuk Antisipasi Kepadatan Arus balik Mudik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Sekretariat Kabinet)

ERA.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku, mengusulkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mencegah dampak buruk kepadatan lalu linta saat arus balik mudik Lebaran.

Usulan itu sudah didiskusikan dan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Dia berharap usulan itu disetujui presiden.

"Saya kemarin sudah memutuskan rekomendasi (WFH) bersama Pak Menko (PMK) dan Kakorlantas," kata Budi dikutip dari Antara, Jumat (12/4/2024).

Menurutnya, kebijakan WFH perlu diberlakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas kendaraan arus balik di momen yang bersamaan. 

"Saya kemarin sudah rapat bersama Jasamarga, memang pulangnya (arus balik lebaran) akan naik dibandingkan keberangkatan. Tapi saya bilang itu, perlu diantisipasi sebagai mencegah dampak buruknya," ucap Budi.

Adapun pun puncak arus balik mudik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada H+3 atau Minggu (14/4) dan Senin (15/4).

Budi juga sudah mengimbau masyarakat untuk kembali dari kampung halaman ke kota asalnya lebih cepat sebelum puncak arus balik Lebaran.

"Kalau lusa atau Senin tidak janji, karena ini kemungkinan akan padat terutama di jalur darat. Saya anjurkan mudik balik itu harus besok jangan Minggu atau Senin," ungkapnya.

Budi juga memastikan telah melakukan berbagai langkah dan upaya secara maksimal untuk melayani masyarakat selama angkutan arus mudik maupun balik Lebaran di semua lintas moda transportasi.

"Secara detail bagaimana mengatasi arus balik itu sudah kita siapkan dengan baik. Kalau di jalur udara atau laut praktis bisa dikendalikan," kata dia.

Rekomendasi