Arus Balik Lebaran, TNI AL Terjunkan KRI Banda Aceh-593 dari Surabaya ke Jakarta Gratis

| 14 Apr 2024 09:04
Arus Balik Lebaran, TNI AL Terjunkan KRI Banda Aceh-593 dari Surabaya ke Jakarta Gratis
Pemudik menaikin kapal milik TNI AL dari Surabaya ke Jakarta. (Dok. Foto: Dispenal)

ERA.id - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V, Brigjen Marinir Joni Sulistiawan melepas keberangkatan arus balik pemudik rute Surabaya dan Semarang menuju Jakarta dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC-593). Kapal perang itu berangkat dari Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Sabtu (13/4/2024).

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa mudik gratis ini arahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang bertujuan untuk membantu para pemudik dan untuk mengurangi terjadinya kemacetan di jalan," kata Joni Sulistiawan dikutip dari siaran pers Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal).

Sebelum melepas para pemudik, Danlantamal V melaksanakan peninjauan ke KRI BAC-593. Ia mengimbau agar para penumpang tetap menjaga kesehatan dan berhati-hati, serta tidak lupa senantiasa berdoa.

Adapun KRI BAC-593 berlayar dari Surabaya dengan membawa penumpang 356 orang dan 72 sepeda motor dengan rute Semarang dan Jakarta. 

Selanjutnya, kapal akan tiba di Semarang pada hari Minggu (14/4/2024) dan bakal membawa peserta mudik gratis yang sudah teregristrasi sebanyak 462 orang serta 107 sepeda motor. KRI BAC-593 dijadwalkan tiba di Jakarta pada Senin (15/4/2024).

Sebagai informasi, TNI AL bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, BAZNAS, dan sejumlah bank negara untuk melaksanakan mudik gratis dengan kapal perang tahun 2024 ini. Program tersebut dilaksanakan untuk mendukung imbauan pemerintah agar kegiatan mudik Lebaran 2024 dapat berjalan lancar serta mengurangi kepadatan dan angka kecelakaan pada arus balik Lebaran.

Rekomendasi