PKB Usung Nama-Nama Cagub di Pilkada Jakarta, Banten, dan Jabar, Siapa Saja?

| 02 May 2024 17:05
PKB Usung Nama-Nama Cagub di Pilkada Jakarta, Banten, dan Jabar, Siapa Saja?
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (ERA.id/Flori Anastasia).

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengusung sejumlah nama untuk menjadi calon gubernur (cagub) pada Pillkada Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar).

Beberapa nama itu di antaranya Airin Rachmi Diany dan Ahmed Zaki Iskandar yang keduanya merupakan politikus Partai Golkar. Lalu ada Ratu Ageng Rekawati, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, dan dua kader PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal dan Syaiful Huda.

"Yang Banten gubernur banyak, salah satu nama yang muncul ada Airin dari Golkar, Ratu dari independen. (Untuk di) DKI ada Zaki, Ida Fauziyah, satu lagi, tiga orang," kata Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di tengah acara "Ta'aruf Politik" Calon Kepala Daerah dengan Gus Muhaimin di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

"Belum, Jawa Barat ini masih bisik-bisik. Dari internal ada Pak Huda sama Pak Cucun (yang diusung)," tambahnya.

Cak Imin mengakui PKB belum berkomunikasi dengan Golkar terkait mengusung Airin dan Zaki sebagai cagub. Menurutnya, hal itu berproses sebab pada akhirnya kader-kader yang maju di Pilkada akan "pamit" ke ketua umum partainya.

Cak Imin lalu menjelaskan pemilih pada Pillkada Jakarta, Banten, dan Jabar akan didominasi oleh anak muda. Karena itu, dia ingin PKB bisa menarik anak muda di Pilkada tiga provinsi tersebut.

"Kaum muda harus diberi akses seluas-luasnya untuk tumbuh. Karena apa? Bolak-balik kita ngomong bonus demografi," ucapnya.

Namun terkait apakah PKB akan mengusung Anies Baswedan sebagai cagub pada Pilkada Jakarta, Cak Imin tertawa. Dia lalu menyebut PKB membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk diusung dalam Pilkada 2024 sampai masa akhir pendaftaran yang telah ditetapkan KPU.

"(Anies Baswedan) belum (daftar), memang kita buka sampai di hari akhir. Nanti kita lihat aja (Anies daftar apa nggak)," ujarnya.

Rekomendasi