Hasto Beri Sinyal Sikap Ganjar Pilih di Luar Pemerintahan Sejalan dengan PDIP

| 07 May 2024 08:40
Hasto Beri Sinyal Sikap Ganjar Pilih di Luar Pemerintahan Sejalan dengan PDIP
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons sikap politik Ganjar Pranowo. (Era.id/Gabriella Thesa).

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi sinyal bahwa sikap Ganjar Pranowo untuk berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sejalan dengan partai berlambang banteng.

Adapun PDIP belum menentukan sikap politik di pemerintahan mendatang. Rencananya, hal itu akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada bulan ini.

"Ya tentu saja (sejalan dengan sikap PDIP). Karena ini merupakan sikap kenegarawanan," kata Hasto di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024).

Dia mengatakan, pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sikap PDIP maupun partai politik pengusung pasangan Ganjar-Mahfud, yaitu PPP, Hanura, dan Perindo tidak akan berubah.

Sikap itu merupakan dedikasi kubu Ganjar-Mahfud untuk mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Dan ruang pengadian itu begitu luas. Misalnya di dalam memperjuangkan tegaknya supremasi hukum, memperkuat meritokrasi agar berjalan, berlembaga, dan terlebih lagi saati ini juga sedang dilakukan persiapan pilkada serentak," kata Hasto.

Terlebih, kata Hasto, saat ini Indonesia menghadai berbagai macam persoalan. Mulai dari masalah pangan, ekonomi, hingga pertarungan geopolitik.

"Semua membutuhkan uluran gotong royong dari seluruh komponen bangsa. Itulah energi yang akan diberikan," ucapnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menegaskan, tidak akan bergabung dengan perintahan di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun, dia tetap akan menghormarti pemerintahan mendatang.

Hal itu disampaikan saat menghadiri Halalbihalal sekaligus pembubaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

"Saya declare pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini," kata Ganjar.

Dia juga menegaskan, mesikipun tidak begabung dengan pemerintahan, dia akan melakukan kontrol dengan cara yang benar, yaitu melalui parlemen.

"Yang paling benar adalah di jalur yang pas, apa itu? Jalur parlemen. Itulah cara yang paling bagus kita bisa melakukan tindakan-tindakan yang pas untuk melakukan suatu kontrol," pungkasnya.

Rekomendasi