Setelah Eko Patrio, PAN Munculkan Nama Yandri Susanto Sebagai Calon Menteri

| 09 May 2024 14:00
Setelah Eko Patrio, PAN Munculkan Nama Yandri Susanto Sebagai Calon Menteri
Waketum PAN Yandri Susanto. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan, banyak kader di daerah yang menginginkan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menjadi salah satu menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Aspirasi itu disampaikan di sela-sela Bimtek dan Rakornas Pilkada PAN pada Kamis (9/5/2024).

"Ternayata, kader-kader dari daerah memiliki perhatian dan harapan besar. Mereka ingin agar Prabowo berhasil dengan dukungan salah satu kader terbaiknya, yaitu mas Yandri," kata Saleh dalam keterangannya.

Menurutnya, Yandri merupakan sosok yang memiliki rekam jejak bagus. Tak hanya di dalam partai, tetapi juga di luar kegiatan PAN.

Selama Pemilu 2024, kata Saleh, Yandri mengemban amanat yang cukup penting. Mulai dari ketua KPPN (komite pemenangan pemilu nasional). Dia juga adalah komandan Charlie (penggalangan) di TKN Prabowo-Gibran.

"Di Parlemen juga begitu. Mas Yandri pernah menjadi pimpinan pansus, sekretaris Fraksi,  Ketua Komisi 8, dan  bahkan sekarang wakil ketua MPR RI. Kalau dari sisi pengalaman, sudah sangat baik dan matang," ucapnya.

Karena itu, menurutnya sangat wajar apabila Yandri banyak didorong oleh kader di daerah untuk menjadi salah satu menteri dari PAN.

"Semua meyakini bahwa mas Yandri akan mampu menorehkan prestasi di kabinet. Dari sisi pengalaman, jejak dan karir politiknya, mas Yandri diyakini akan banyak membantu tugas-tugas Prabowo-Gibran," kata Saleh.

Meski begitu, keputusan siapa yang akan menjadi menteri dari PAN di kabinet mendatang merupakan kewenangan Prabowo.

"Tentu semua nanti dikembalikan kepada Prabowo sebagai presiden terpilih," ucapnya.

Sebelumnya, PAN menyiapkan salah satu kadernya, yaitu Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio untuk menjadi menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatang.

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay mengaku, partainya baru sebatas menyiapkan nama saja. Terkait posisis menteri apa yang ditawarkan belum diketahui.

"PAN belum tahu secara khusus apa posisi yang akan diamanahkan. Karena itu, PAN hanya menyiapkan nama kader-kader yang dinilai sanggup untuk masuk kabinet. Salah satunya, Eko Patrio," kata Saleh kepada wartawan, Senin (6/5).

PAN menilai, Eko pantas menjadi menteri. Meskipun berlatar belakang artis, namun rekam jejaknya di dunia politik cukup diperhitungkan.

Saleh megatakan, Eko sudah tiga periode menjabat sebagai anggota DPR. Bahkan kembali lolos ke Senayan untuk periode 2024-2029. Eko juga menjabat sebagai elite PAN di DPW DKI Jakarta.

Sementara dari sisi bisnis, rekam jejak Eko pun bagus. Bisnisnya di dunia entertaiment berjalan dengan baik.

"Itu bukti kegigihan dan kesungguhannya dalam memimpin," kata Saleh.

Rekomendasi