Kakorlantas Polri Lepas 2.446 Personel untuk Pengamanan KTT WWF di Bali

| 09 May 2024 15:00
Kakorlantas Polri Lepas 2.446 Personel untuk Pengamanan KTT WWF di Bali
2.446 Personel Polri diterjunkan untuk amankan KTT WWF 2024 di Bali. (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Korlantas Polri menerjunkan 2.446 personel untuk melakukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) 2024 di Bali pada 18-25 Mei 2024.

"Kita termasuk dalam satgas panwal rolakhir, pengamanan pengawalan rute dan perparkiran ini kita akan mengerahkan 2.446 personel dari Korlantas sendiri," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di kantor Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).

Jenderal bintang dua Polri ini menambahkan sebanyak 1.530 personel dari Polda Bali juga diturunkan untuk membantu mengamankan KTT WWF. Untuk total kendaraan yang akan diturunkan sebanyak 310 unit.

Ribuan personel dan ratusan kendaraan ini akan dilepaskan ke Bali pada Jumat (10/5/2024) besok.

Aan lalu menjelaskan KTT WWF di Bali akan menjadi ajang terbesar di Indonesia jika dibandingkan KTT G20. Sebab, akan ada belasan ribu delegasi yang hadir dalam acara tersebut.

"Ada 17.000 lebih delegasi dari negara tersebut yang akan hadir kembali. Ada beberapa kepala negara juga akan hadir ya dalam KTT WWF yang ke 10 ini jadi tentu dengan tingkat keanggotaan yang cukup besar, kemudian delegasi yang cukup besar juga," ujar Aan.

Dia menerangkan personel yang diberangkatkan ke KTT WWF itu telah melaksanakan pelatihan, survei, simulasi, hingga pra tactical floor game bersama TNI. Hal ini dilakukan demi memaksimalkan pengamanan itu. 

"Laksanakan dengan penuh tanggung jawab, kemudian persiapan-persiapan yang sidah dilakukan, SOP-SOP yang sudah ada, aturan yang ada dalam pengamanan, rute, dalam pengamanan perparkiran, pengawalan, ini tolong diikuti. Diikuti SOP yang ada tersebut," kata Aan.

Rekomendasi