Balas Prabowo soal Oposisi, Ganjar: Jangan Sampai yang di Dalam Juga Mengganggu

| 10 May 2024 21:50
Balas Prabowo soal Oposisi, Ganjar: Jangan Sampai yang di Dalam Juga Mengganggu
Ganjar Pranowo. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ganjar Pranowo membalas ucapan calon presiden terpilih Prabowo Subianto terkait oposisi atau pihak yang berada di luar pemerintahan supaya tidak menganggu. Menurutnya, yang di dalam pemerintahan pun bisa saja menanggu. 

"Iya, yang bekerja sama saja bisa ganggu lho. Saya ingatin lho itu, jangan sampai kemudian yang di dalam malah menganggu," kata Ganjar di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2025).

Dia lantas mencontohkan, yang di dalam pemerintahan bisa menganggu apabila melakukan tindak pidana korupsi. Justru menurutnya, yang berada di luar pemerintahan lah yang bisa menjalankan fungsi pengawasan.

"Umpama, kita ingin ciptakan pemerintah bersih, tetapi korupsi di dalam. Itu menganggu.  Yang di luar jangan-jangan malah membantu karena mengingatkan yang baik, dan check and balances akan berjalan," kata Ganjar. 

Mantan gubernur Jawa Tengah itu menambahkan, pihak di luar pemerintahan tetap berhak memberikan kritik dan catatan kepada pemerintah.

Namun, jangan sampai kritikan yang disampaikan jangan sampai mengangu kerja-kerja pemerintah. 

"Karakan tidak ikut di pemerintahan, masyarakat sipil tidak ikut di pemerintahan lho. Masyarakat sipil bisa lho memberikan catatan-catatan kritis. Jadi kita musti membuka ruang check and balances itu. Tetapi betul, kalau menganggu itu destruktif, kita setuju jangan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Calon presiden terpilih Prabowo Subinato menyampaikan pesan kepada pihak-pihak yang menyatakan berada di luar pemerintahan yang baru. Dia tak masalah jika ada yang menjadi oposisi, asalkan jangan mengganggu. 

Hal itu disampaikan saat menghadiri acara Bimtek Anggota DPR/DPRD PAN seluruh Indonesia dan Rakornas Pilkada 2024 yang digelar di Jakarta pada Kamis (9/5).

Awalnya, Prabowo menyampaikan komitmennya untuk merangkul semua pihak di pemerintahan yang baru.

"Di semua organisasi, ada yang baik, ada yang tidak baik. Sekarang, bagaimana yang baik-baik dari semua latar belakang bisa kerja sama," kata Prabowo.

Menurutnya, kerja sama dengan semua pihak sangat dibutuhkan untuk masa depan Indonesia. Namun tentunya atas kesepakatan semua pihak.

Dia tak mempermasalahkan apabila ada memilih untuk berada di luar pemerintahannya. Namun dia mengingatkan agar pihak yang berada di luar tidak mengganggu program kerjanya.

"Saya akan berjuang terus bersama semua kekuatan yang mau diajak kerja sama. Yang tidak mau diajak kerja sama, tidak apa-apa," kata Prabowo.

"Kalau ada yang mau nonton dipinggir jalan, silahkan jadi penonton yang baik. Tapi kalau sudah tidak mau diajak kerja sama, ya jangan ganggu," tegasnya.

Rekomendasi