Megawati Ingin Pasang Karya Seni Butet Kartaredjasa di Kantor DPP, Singgung Soal Ekspresikan Kemarahan

| 13 May 2024 16:35
Megawati Ingin Pasang Karya Seni Butet Kartaredjasa di Kantor DPP, Singgung Soal Ekspresikan Kemarahan
Megawati Soekarnoputri dan Butet Kartaredjasa (Dok. PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengaku ingin memasang hasil karya seni buatan Butet Kartaredjasa di kantornya. Sebab, menurut dia, Butet mampu mengekspresikan perasaannya melalui berbagai lukisan yang apik.

Hal ini disampaikan Megawati usai menghadiri pameran tunggal Butet bertajuk ‘Melik Nggendong Lali’ di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (13/5/2024).

“Saya ingin pasang di kantor saya, DPP supaya nanti kalau ketemu anak-anak PDIP akan saya ceritakan maksudnya, apa keinginan beliau dalam mengekspresikan kemarahan. Ini kan lembut banget enggak teriak-teriak,” kata Megawati kepada wartawan.

Bahkan, Megawati menyebut, dirinya ingin memborong semua karya seni buatan seniman asal Yogyakarta tersebut.

"Menurut saya, kalau bisa dan boleh sama beliau (Butet Kartaradjasa) saya borong semua, tapi duitnya cukup apa enggak kan gitu,” ujar Presiden ke-5 RI itu sembari tersenyum.

Didampingi Butet, Megawati sempat berkeliling dan melihat berbagai macam karya seni yang dipamerkan. Ia tampak antusias saat mendengar Butet menjelaskan lukisan maupun karya seni lainnya.

Saat ditanya mengenai karya favoritnya, Megawati hanya tersenyum. Dia mengatakan, ada beberapa yang menjadi kesukaannya, tetapi tidak menjelaskan lebih rinci.

“Jadi itu kalau ditanya favorit saya yang mana itu banyak banget,” ujar Megawati.

Dalam kesempatan yang sama, Butet mengungkapkan, ia memerlukan waktu selama empat tahun untuk menyelesaikan karya seni yang dipamerkannya. Dia juga merasa beruntung karena pamerannya dapat dihadiri oleh Megawati.

“Tidak semua seniman itu bernasib baik seperti saya, saat berimpresikan saat ini bisa dikunjungi oleh seorang presiden, presiden kelima,” ungkap Butet.

“Ini merupakan sebuah kemewahan dan kehormatan, saya merasa ini apresiasi atas yang saya kerjakan dan tidak sia-sia yang saya kerjakan,” imbuh dia.

Rekomendasi