Pilkada Jakarta 2024: Demokrat Ogah Usung Anies, tapi Pertimbangkan Sudirman Said

| 24 May 2024 12:40
Pilkada Jakarta 2024: Demokrat Ogah Usung Anies, tapi Pertimbangkan Sudirman Said
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan. (Antara).

ERA.id - Kepala Badan Komunikasi Strategis Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pihaknya sedang mempertimbangkan sejumlah nama untuk dicalonkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Namun dia memastikan, nama Anies Baswedan tak masuk radar.

"Anies? Tidak. Tidak masuk radar kami," kata Herzaky melalui keterangan tertulis, Jumat (24/5/2024).

Dia lantas mengungkapkan, nama-nama yang dipertimbangkan tidak hanya dari internal Partai Demokrat saja. Tetapi juga pihak eksternal.

Menariknya, meski ogah mengusung Anies, Partai Demokrat mempertimbangkan nama eks Co-Captain Timnas AMIN yaitu Sudirman Said untuk Pilkada Jakarta mendatang.

"Ada Pak Sudirman Said. Beliau ini sangat kompeten. Leadership, manajerial, kompetensi teknisnya," ucapnya.

"Kalau eksternal, kami lihat Budi Djiwandono dari Gerindra. Anggota DPR RI dari Kaltim. Sukses pimpin Tim Bravo TKN pas Pilpres 2024 lalu. Kita juga mencermati Ridwan Kamil, Golkar. Kuat ini Jakarta kalau beliau mau maju di sini," imbuh Herzaky.

Sementara dair pihak internal, ada mantan Bupati Lebak Iti Jayabaya, mantan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan anggota DPRD Provinsi Jakarta Ali Suharli.

Partai Demokrat secara khusus memang mempersiapkan Pilkada Jakarta 2024. Sebab, Jakarta masih dinilai sebagai daerah strategis, sekaligus barometer politik.

"Jakarta ini strategis. Jadi barometer banyak hal. Berpengaruh bagi banyak daerah. Kita maunya yang jadi pemimpin Jakarta, benar-benar memikirkan dan peduli dengan warga Jakarta. Fokus mengurus Jakarta. Bukan sekedar menjaga nama tetap jadi perhatian publik, ataupun meningkatkan popularitas untuk 2029," pungkasnya.

Rekomendasi