Megawati Goda Puan Tukar Peran Jadi Ketua Umum, Kode Bakal Pimpin PDIP?

| 24 May 2024 16:40
Megawati Goda Puan Tukar Peran Jadi Ketua Umum, Kode Bakal Pimpin PDIP?
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggoda Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk bertukar peran.

Hal itu disampaikan dalam pembukaan Rakernas ke-V PDIP, yang digelar di Beach International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Awalnya, Megawati memperkenalkan Puan yang saat ini menjabat sebagai ketua DPR RI. Dia bilang, Puan kerap bepergian ke luar kota bahkan luar negeri untuk menghadiri acara legislatif.

"Mbak Puan, saya bilang pada Mbak Puan, sebagai ketua DPR, wah pergi ke luar negeri terus. Tapi itu kerja lho, bukannya jadi turis," katanya.

Dia lantas menyebut, baru-baru ini Puan baru saja menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) 2024 di Bali. Beberapa pekan sebelumnya juga sempat menghadiri acara legislatif tingkat dunia di Meksiko.

Lalu, Megawati pun menggoda Puan. Dia meminta putri bungsunya bertukar peran dengan dirinya. Artinya, Puan menjadi ketua umum dan dia sebagai ketua DPR.

"Jadi saya (bilang), kalau beliau (Puan) pamit, kemarin itu ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko. Lalu saya bilang, 'gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum'," kata Megawati.

"Lho enak-enak saja, masa saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang ganjing enggak jelas," imbuhnya sambil tersenyum.

Puan pun hanya tertawa mendengar hal tersebut.

Dalam Rakernas V PDIP ini sejumlah tamu undangan yang hadir, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo; Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO); Waketum PPP, Rusli Effendi.

Kemudian, Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno; mantan Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto; mantan Panglima TNI, Andika Perkasa; dan mantan Menteri Agama, Lukman Hakim.

Rekomendasi