Sadar Diri, PDIP Incar Posisi Cawagub di Pilkada Jawa Barat

| 25 May 2024 14:20
Sadar Diri, PDIP Incar Posisi Cawagub di Pilkada Jawa Barat
Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengaku pihaknya mengincar kursi cawagub di Pilkada Jabar 2024. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono mengatakan, pihaknya mengincar posisi calon wakil gubernur untuk dimajukan pada Pilkada Jawa Barat 2024. Partai berlambang banteng itu cukup sadar diri tidak mengincar posisi calon gubernur sebab tak pernah menang pemilihan kepala daerah sejak era reformasi hingga Pilkada 2018.

"PDI Perjuangan tidak pernah memenangkan pilkada di Jawa Barat. Sehingga kami sadar betul dan tentunya kami dengan sekarang ini peringkat ke-4, tentunya kami sadar bahwa kami agaknya tidak mungkin untuk mengincar nomor 1. Jadi kami PDI Perjuangan akan mengincar di 02, di posisi wakil gubernurnya," kata Ono dalam konferensi pers di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024).

Menurutnya, DPD PDIP Jabar sudah mulai menyiapkan kader internal untuk dicalonkan sebagai wakil gubernur.

Meski demikian, Ono enggan memerinci siapa sosok kader PDIP yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Barat. Ia hanya menyebut, ada banyak kader yang berkualitas dan kini sedang proses pemetaan.

"Tentunya saat ini DPP beserta tim yang telah ditugaskan, sudah mulai melakukan pemetaan, siapa kader internal PDIP di Jabar yang nanti akan disandingkan dengan calon gubernurnya," ungkap Ono.

Disisi lain, Ono mengatakan, partainya dan Golkar Jawa Barat sudah melakukan komunikasi awal terkait rencana untuk bekerja sama mengusung Ridwan Kamil (RK) pada Pilgub Jawa Barat. Namun, lobi-lobi itu masih diserahkan pada mekanisme masing-masing partai.

"Di Golkar tentunya kan masih tarik menarik tuh. Kan Pak RK apakah ke DKI ataukah ke Jawa Barat. tapi menurut Kang Ace (Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily) Golkar Jawa Barat itu tetap menginginkan Pak RK di Jawa Barat. Dengan mungkin hasil surveinya yang masih tertinggi," ujar dia.

Rekomendasi