Ancaman Megawati ke Kadernya yang Tak Terjun ke Masyarakat: Out!

| 26 May 2024 20:30
Ancaman Megawati ke Kadernya yang Tak Terjun ke Masyarakat: Out!
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ancam pecat yang tak turun ke masyarakat. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri memerintahkan seluruh kadernya di Tiga Pilar Partai, yakni eksekutif, legislatif, dan struktur, untuk terjun langsung melayani rakyat. Ia mengingatkan para legislator yang baru terpilih pada Pileg 2024 untuk tidak berleha-leha.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberikan pidato penutup dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024). Awalnya, dia menyinggung otonomi daerah di mana seharusnya provinsi, kabupaten, dan kota bisa mengelola sendiri pendapatan asli daerah (PAD). 

Megawati menyebut, terdapat fenomena urbanisasi yang justru membuat angkatan kerja di daerah berkurang sehingga terjadi penurunan produksi.

"Banyak, lho, orang luar bukan asli Jakarta yang jadi pemulung," kata Megawati.

Presiden ke-5 RI itu juga menyampaikan di Jakarta Utara terdapat satu lokasi yang dikenal dengan nama Gang Senggol di mana pemukiman warga sangat tidak layak huni. Gang itu bahkan ketika berjalan kaki di dari dua arah harus bersenggolan saking sempitnya.

Megawati lalu menanyakan kepada kadernya apakah pernah melihat kondisi rakyat tersebut.

"Siapa di sini yang enggak pernah turun ke bawah? Ayo, angkat tangan," tanya Megawati.

Kemudian, Megawati memerintahkan kepada kadernya di PAC dan Anak Ranting agar melaporkan kepada dirinya jika ada legislator yang tidak turun ke lapangan.

"Laporan kepada ibu langsung. Kalau mereka ini (kader) yang kayak bos-bos ini, sudah jadi dan tidak mau turun ke bawah, ke tempatmu, bilang sama ibu. Ini janji saya, lho," ujar dia.

"Jangan enak-enak, kan, saya sudah bilang. Partai ini mau saya jadikan Partai Pelopor, kamu yang tidak bekerja untuk rakyat, out! Ini benar, lho, bukan drama," tegas Megawati.

Megawati meminta kadernya di tingkat PAC dan Anak Ranting agar tak takut melapor.

"Kamu itu punya hak kedaulatan rakyat. Dari kamulah sebenarnya mereka ini akan jadi pemimpin-pemimpin yang harusnya mencintai rakyat," tegas Megawati.

Megawati menyatakan PDIP bukan Partai elektoral, melainkan substansi melayani rakyat.

"Tidak ada elektoral hanya perhitungan suara. Harus dilayani rakyatmu itu," imbuh Megawati disambut gemuruh para kader.

Rekomendasi