Survei: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Ridwan Kamil Sebagai Gubernur Paling Tinggi

| 10 Jun 2024 08:30
Survei: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Ridwan Kamil Sebagai Gubernur Paling Tinggi
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Antara)

ERA.id - KATADATA Insight Center (KIC) mempublikasi hasil survei persepsi publik terhadap pilkada di delapan provinsi. Mulai dari Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, sampai Sumatera Utara. 

Hasilnya, mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meraih kepuasan publik paling tinggi sebesar 88,3 persen. Adapun survei ini dilakukan selama periode 3 - Mei 2024 untuk mengukur penilaian publik terhadap kinerja para gubernur dan mantan gubernur di delapan provinsi tersebut.

"Dari delapan provinsi tersebut, kepala daerah di Jawa Barat dinilai bekerja baik. Angka kepuasan masyarakat atas kinerja Gubernur Jawa Barat pun sangat tinggi, mencapai 88,3 persen," kata Survei Manajer KIC, Satria Triputra Wisnumurti dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/6/2024).

Satria mengungkapkan, masyarakat Jawa Barat juga menilai bahwa nama yang paling pantas menjadi gubernur Jawa Barat adalah Ridwan Kamil. Total ada 39,5 persen publik yang berpendapat demikian.

Menurut dia, temuan tersebut turut menggambarkan betapa masyarakat Jawa Barat masih ingin pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu kembali memimpin Jawa Barat. ”Para mantan atau petahana yang dinilai paling pantas menjadi gubernur lagi memiliki nilai kepuasan di atas 80 persen,” jelasnya.

Dalam hasil survei yang sama, KIC juga memotret kinerja Gubernur Jakarta jauh dibawah kepuasaan publik terhadap Gubernur Jawa Barat. Persentase kepuasaan publiknya hanya 56,7 persen. 

Dengan angka kepuasaan publik tersebut, KIC mendapati bahwa masyarakat Jakarta merasa Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok yang paling pantas menjadi Gubernur Jakarta. "Dukungan terhadap Ahok mencapai angka 33,3 persen," ungkap Satria.

Selain itu, ada nama Anies Baswedan dan Ridwan Kamil yang juga dinilai oleh masyarakat layak menjadi Gubernur Jakarta. Anies memperoleh dukungan sebesar 25,4 persen dan 20 persen untuk Ridwan Kamil. 

"Temuan survei itu sekaligus menunjukkan bahwa Ridwan Kamil tidak hanya diinginkan oleh masyarakat Jawa Barat untuk menjadi gubernur, namanya juga disebut oleh masyarakat untuk menjadi gubernur di Jakarta," ujar Satria.

Rekomendasi