Presiden Jokowi: Tahun Depan Upacara 17 Agustus di IKN Saja

| 11 Jun 2024 13:00
Presiden Jokowi: Tahun Depan Upacara 17 Agustus di IKN Saja
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers usai acara penimbangan serentak di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024). (Antara/Luthfia Miranda)

ERA.id - Presiden RI Joko Widodo mengatakan Upacara 17 Agustus tahun depan dilakukan di IKN saja setelah Keputusan Presiden (Keppres) tentang perpindahan IKN diterbitkan.

"Nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti (upacara) di IKN saja," kata Jokowi usai menghadiri penimbangan serentak di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024), dikutip dari Antara.

Hal itu dilakukan menimbang mobilisasi hingga akomodasi yang tidak mudah.

Adapun Presiden Jokowi mengatakan tahun ini Upacara Peringatan HUT ke-79 RI dilakukan di dua tempat, yakni Istana Merdeka Jakarta dan Istana Presiden di IKN, Kalimantan Timur.

Menurut Presiden, Upacara 17 Agustus 2024 dilakukan di dua tempat karena saat ini ibu kota negara dalam masa transisi.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan," kata Jokowi.

Presiden menambahkan seluruh tamu penting, seperti mantan presiden hingga duta besar sahabat negara diundang untuk menghadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara.

"Semuanya diundang, semuanya diundang ke IKN," kata Presiden.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta.

"Iya, sebagian di IKN, sebagian di sini," kata Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024), usai menghadiri rapat terbatas terkait Upacara HUT Ke-79 RI.

Muhadjir mengatakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan Upacara HUT K-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Rekomendasi