Masih di Yordania, Prabowo Absen Rapat Anggaran Kemenhan dengan Komisi I DPR

| 12 Jun 2024 12:15
Masih di Yordania, Prabowo Absen Rapat Anggaran Kemenhan dengan Komisi I DPR
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Komisi I DPR menggelar rapat kerja (raker) dengan Kementerian Pertahanan dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto membahas evaluasi anggaran 2023 dan rancangan anggaran 2025, pada Rabu (12/6/2024).

Namun, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkata Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali absen dalam rapat tersebut.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, Prabowo tak bisa hadir karena menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat Gaza ‘Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza' di Yordania.

"Komisi I telah menerima surat dari Sekjen Kementerian Pertahanan nomor B/1013/6/2024 tanggal 5 Juni 2024 penyampaian delegasian undangan rapat kerja dalam suratnya menjelaskan bahwa Menhan mendelegasikan wakil menteri pertahanan untuk menghadiri undangan rapat kerja bersama Komisi I pada hari ini," katanya.

Sementara alasan ketidakhadiran KSAL Laksamana Muhammad Ali karena sedang melakukan ibadah haji dan rapat hari ini diwakili oleh wakil kepala staf AL.

Rapat tersebut digelar tertutup karena juga membahas mengenai alutsista yang sifatnya rahasia.

"Karena rapat ini bersifat anggaran yang tentunya  menyangkut alutsista maka rapat ini biasanya dilakukan ecara tertutup. Dari pimpinan tetap akan menawarkan kepada pemerintah apakah rapat ini perlu dilakukan dengan sifat tertutup?" kata Meutya.

Rekomendasi