KPK Klaim Pernah Terima Info Harun Masiku Jadi Marbot Masjid di Malaysia

| 13 Jun 2024 11:15
KPK Klaim Pernah Terima Info Harun Masiku Jadi Marbot Masjid di Malaysia
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan terus mencari keberadaan buronan kasus suap, Harun Masiku. Bahkan, penyidik sempat mengejarnya ke Malaysia setelah mendapat info bahwa Harun menjadi marb0t masjid di negara tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat disinggung soal upaya pencarian Harun Masiku yang sudah empat tahun belum tertangkap.

“Empat tahun itu bukan berarti tidak kita cari. Beberapa informasi, misalnya terkait keberadaan yang bersangkutan waktu itu di Filipina, kita kirim tim ke Filipina,” kata Alex kepada wartawan dikutip Kamis (13/6/2024).

“Ada informasi katanya yang bersangkutan jadi marbot di masjid di Malaysia, kita kirim tim ke sana. Artinya apa, selama empat tahun ini sebetulnya kita tetap mencari,” sambungnya.

Alex memastikan pihaknya tidak akan berhenti mencari eks caleg PDIP tersebut. KPK pun mengandalkan informasi yang diterima untuk menangkao Harun.

“Ya, berdasarkan informasi yang diterima, tentu kita akan berusaha untuk mencari yang bersangkutan,” jelas Alex.

Namun, menurut Alex, akan lebih baik lagi jika Harun menyerahkan diri. Apalagi, saat ini KPK tengah gencar menelusuri keberadaannya.

“Ya, syukur-syukur kalau yang bersangkutan ini pada kesempatan ini mungkin dengar dan dengan sukarela kemudian menyerahkan diri. Kan, itu lebih baik lagi,” ujar dia.

Sebagai informasi, Harun Masiku merupakan eks calon legislatif PDIP yang menyuap mantan Wakil Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan terkait Penetapan Anggota DPR RI terpilih 2019-2024 di KPU. Dia telah ditetapkan sebagai tersangka dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 17 Januari 2020.

Rekomendasi