Didukung PKB Maju Jadi Cagub Jakarta, Anies: Ini Amanah Besar

| 13 Jun 2024 21:35
Didukung PKB Maju Jadi Cagub Jakarta, Anies: Ini Amanah Besar
Anies Rasyid Baswedan. (ERA.id/Flori Anastasia).

ERA.id - Anies Rasyid Baswedan menyambut baik dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mengusung namanya maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. Ia menyebut, ini merupakan amanah yang besar.

Hal ini Anies sampaikan saat bersilaturahmi ke Kantor DPW PKB Jakarta di Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

"Saya dengan rasa hormat, rasa terima kasih menerima amanah yang diembankan kepada kami," kata Anies dalam sambutannya.

"Amanah ini adalah amanah bersar, tapi insya Allah bukan amanah yang berat dan perjalanan harus dilalui bersama, PKB DKI yang mendobrak, PKB Jakarta yang menerobos, PKB Jakarta yang memulai. Mudah-mudahan akan ada yang gabung bersama di dalam perubahan ini," sambungnya.

Anies mengatakan, perjalananannya bersama PKB cukup panjang. Hal itu dimulai saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2017 silam.

"Kerja bersama kita panjang, sama Pak Hasbi (Ketua DPW PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas) sejak saya bertugas di Jakarta, dari awal sampai di ujung kita selalu bersama, banyak yang dilakukan bersama . Maka PKB punya jasa juga dalam apa yang dicapai di Jakarta," ungkap Anies.

Selain itu, Anies juga sempat berdampingan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar maju sebagai pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

"Terbukti dalam perjalanan kemarin saya merasa bersyukur berjalan seiring sejalan dengan Ketum PKB Gus Muhaimin dan perjalanan hampir setahun bersama telah menguatkan pertemanan menjadi persahabatan dan sahabat jadi sodara dalam perjuangan ke depan," ujarnya.

Menurut Anies, diperlukan keberanian, keteguhan, ketulusan hingga keikhlasan untuk membawa Jakarta menjadi kota yang lebih baik. Apalagi, mengingat Jakarta kedepannya sudah tidak lagi menyandang status sebagai ibu kota negara.

"Insya Allah kita berjuang bersama untuk Jakarta, berikan kesempatan semua, kesempatan maju raih kemakmuran, dan tidak kalah penting insyallah perjuangan ini diawali niat baik, dikerjakan bersama orang baik. Insyallah akan berkumpul semua orang-orang baik untuk perubahan Jakarta," jelas Anies.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta resmi mencalonkan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) di Pilkada DKI Jakarta pada November 2024.

"Saya mendengar aspirasi dari tingkat ranting, DPC sampai DPW dan hasil verifikasi dari desk Pilkada DKI, maka PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk Bacagub periode 2024-2029," kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas saat jumpa pers di DPW PKB DKI, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (12/6/2024).

Menurut dia, seluruh proses-proses pencalonan Pilkada untuk tahun 2024-2029 itu dilakukan.

"Puncaknya tanggal 8-9 Juni itu kita mengadakan raker desk pilkada DKI Jakarta di Puncak, Bogor untuk menentukan calon," kata Hasbi.

Surat rekomendasi dari PKB itu belum diberikan kepada Anies Baswedan mengingat Anies tengah berada di luar kota.

"Surat rekomendasi belum kita serahkan. Insya Allah besok kita akan berikan kepada Anies," ujarnya.

Menurut dia, sebelum Anies dicalonkan partainya, Anies sudah mengambil formulir dan sudah mengikuti uji kompetensi dan kepatutan (UKK) PKB.

Hasbi pun menginstruksikan para kader PKB untuk bergerak bersama untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pencalonan Anies Baswedan sebagai Bacagub DKI Jakarta.

Rekomendasi