Jokowi Klaim Citra Polri Semakin Baik: Harus Makin Lincah dan Tidak Tebang Pilih dalam Penegakan Hukum

| 01 Jul 2024 18:05
Jokowi Klaim Citra Polri Semakin Baik: Harus Makin Lincah dan Tidak Tebang Pilih dalam Penegakan Hukum
Presiden Jokowi (YouTube Divisi Humas Polri)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur citra Polri semakin baik di mata masyarakat. Jokowi ingin kepercayaan publik ini dipertahankan dan ditingkatkan.

"Saya senang beberapa survei terbaru menunjukkan citra Polri yang semakin baik bahkan menempati urutan tertinggi kedua. Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan," kata Jokowi saat berpidato di acara Hari Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

"Dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik, dengan menjadi contoh, dengan menjadi teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat," tambahnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan Polri memiliki peran sentral. Sebab, tugas dan fungsi Korps Bhayangkara bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Polri dikatakan Jokowi tidak pernah libur dan terus melayani masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Karena dekat dengan masyarakat, publik bisa melihat kinerja dan seluruh gerak-gerik Polri.

"Sehingga ke depan Polri harus semakin lincah, harus semakin adaptif dan memiliki cara pandangan strategis. Harus menjadi cooling system dan perekat kebhinekaan, harus profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum," ujarnya.

Jokowi mengatakan tantangan bangsa Indonesia ke depan semakin berat, baik dari sisi geopolitik, ekonomi, hingga iklim. Oleh sebab itu, Jokowi meminta Polri untuk siap menghadapi beragam tantangan di tengah kompetisi global.

Satu di antaranya dengan mengikuti perkembangan IPTEK dan menjalin kerja sama dengan kepolisian negara lain untuk memperkuat keamanan bangsa Indonesia.

"Selain itu sebentar lagi kita masuki tahapan Pilkada 2024. Saya minta Polri turut mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi ini. Jaga netralitas, jaga stabilitas, dan jaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil," kata Jokowi.

Rekomendasi