Prabowo soal Pengelolaan Uang Negara: Tiap Rupiah Harus Kita Amankan Berguna untuk Rakyat

| 08 Jul 2024 17:23
Prabowo soal Pengelolaan Uang Negara: Tiap Rupiah Harus Kita Amankan Berguna untuk Rakyat
Menteri Pertahanan yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/7/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

ERA.id - Menteri Pertahanan yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto merespons soal amanah yang dititipkan Presiden Joko Widodo terkait pengelolaan uang Negara lewat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Dalam sambutannya pada Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas LHP LKPP Tahun Anggaran 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Senin, Presiden Jokowi meyakini Prabowo Subianto yang menjalankan pemerintahan berikutnya, akan memberi perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK agar uang Negara dapat dimanfaatkan dengan baik serta dikelola secara transparan dan akuntabel.

"Kita tidak menginginkan kebocoran-kebocoran. Kita tidak menginginkan uang rakyat, tidak bisa dipertanggungjawabkan, setiap rupiah harus kita amankan, harus kita yakinkan berguna untuk bangsa dan rakyat," kata Prabowo saat menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta dikutip dari Antara, Senin (8/7/2024).

Dalam kunjungan perdananya ke Istana Kepresidenan Jakarta usai pemulihan operasi, Prabowo mengamini keyakinan Presiden Jokowi soal pengelolaan APBN yang transparan oleh BPK di bawah pemerintahannya.

Ia juga menilai BPK merupakan institusi penting, serta lembaga yang menjadi andalan pemerintah. BPK diharapkan lebih ketat mengawasi penggunaan APBN-APBD sebagai uang Negara.

"Insya-Allah pasti. BPK institusi yang sangat penting. BPK andalan kita. BPK ke depan harus lebih ketat mengawasi," kata Prabowo.

Dalam kesempatan sebelumnya, Presiden Jokowi meyakini Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang menjalankan pemerintahan berikutnya, akan memberi perhatian serius pada setiap rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait pengelolaan uang Negara.

"Pemerintahan saat ini dan saya yakin pemerintahan Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto ke depan, akan selalu memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK. Agar uang rakyat dapat dimanfaatkan dengan baik serta dikelola secara transparan dan akuntabel," kata Presiden Jokowi pada Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas LHP LKPP Tahun Anggaran 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Senin.

Pada sambutannya, Presiden mengingatkan bahwa saat ini sedang berada dalam transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin menuju pemerintahan berikutnya dengan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Saat ini kita sedang berada pada era transisi pemerintahan. Pada bulan Oktober 2024 nanti, saya akan digantikan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun mengharapkan dukungan BPK dan seluruh komponen bangsa untuk mendukung peralihan pemerintahan ini agar berjalan dengan baik, serta untuk menjaga keberlanjutan untuk membawa kemajuan Negara.

Rekomendasi