Said Abdullah: Urusan Kaesang Kenapa Selalu Ditanyakan ke PDIP? Dia Punya Partai Sendiri

| 09 Jul 2024 08:30
Said Abdullah: Urusan Kaesang Kenapa Selalu Ditanyakan ke PDIP? Dia Punya Partai Sendiri
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah merasa heran partainya kerap ditanya soal peluang mengusung Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada 2024. Menurutnya, hal itu bukan urusan partainya.

Hal itu merespons soal pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang mempertimbangkan mengusung Kaesang di Pilgub Jawa Tengah 2024.

"Urusan Mas Kaesang kenapa ditanyakan selalu kepada PDI Perjuangan. Padahal Mas Kaesang itu punya partai sendiri, ketua umum sebuah partai," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Dia menegaskan, secara etika, PDIP tak punya hak untuk membahas Kaesang di Pilkada 2024. Sebab, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu punya partai politik sendiri.

"Etisnya, PDIP itu tidak dalam posisi membahas Mas Kaesang. Kan Mas Kaesang punya otonomi terhadap dirinya, terhadap partainya," ucapnya.

Lebih lanjut, Said menegaskan bahwa PDIP memiliki otonomi sendiri untuk menentukan tokoh yang akan diusung sebagai calon kepala daerah.

PDIP, kata Said, tak akan terpengaruh meskipun PSI mengusung Kaesang sebagai calon kepala daerah.

"Kalau PSI mengusung Mas Kaesang, PDI Perjuangan itu kan punya otonomi juga siapa yang mau diusung," tegas ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengklaim, partainya mempertimbangkan mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024. Hal itu merespons hasil survei elektabilitas Kaesang yang melejit.

"Iya dong, jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7).

Dia bahkan memuji elektabilitas putra bungsu Presiden Joko Widodo yang berada di papan atas.

Ketua DPR itu juga tak mempermasalahkan elektabilitas Kaesang lebih unggul daripada Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Adapun Bambang Pacul cukup digadang-gadang bakal dimajukan pada Pilkada Jateng 2024.

"Enggak apa-apa (elektabilitas Kaesang ungguli Bambang Pacul). Bagus Kaesang," ucap Puan.

Rekomendasi