Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

| 14 Jul 2024 18:07
Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045
Musyawarah Forum Zakat (Istimewa)

ERA.id - Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ pada Selasa, 16 Juli 2024 mendatang. Berbeda dengan nuansa Munas sebelumnya, kali ini pembukaan Munas ke-10 FOZ dilaksanakan di Istana Wakil Presiden RI, Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Beragam kegiatan dilakukan Forum Zakat dalam meriahkan Musyawarah ke 10 Forum Zakat, salah satunya pada hari Minggu  14 Juli, 2024 terdapat Gebyar Munas FOZ yang berlokasi di Lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat, yang akan dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng. Mengangkat tema “Jangan Berhenti Mendukung Palestina: Walk for Freedom”, masyarakat akan longmarch dengan menyuarakan dukungan kemanusiaan bagi Palestina.

Pembukaan Munas 10 FOZ menghadirkan 150 pimpinan lembaga zakat dari seluruh Indonesia. Tentunya, arahan langsung dari K.H Ma’ruf Amin nantinya memberikan makna semangat yang mendalam bagi gerakan zakat nasional. Khususnya bagi Forum Zakat yang menjadi Rumah Besar Gerakan Zakat di Indonesia. 

Sehingga dengan adanya Musyawarah Nasional 10 Forum Zakat mendorong wadah para badan amil zakat maupun lembaga amil zakat seluruh Indonesia,  untuk menumbuhkan badan maupun lembaga yang profesional, tata kelola, dan akuntabilitas yang terjaga, dapat memberikan rasa aman bagi Muzakki (pemberi zakat) serta mempunyai izin resmi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Diharapkan juga keberadaan Badan Amil Zakat maupun Lembaga Amil Zakat dapat sejalan dengan program pemerintah yang memiliki kerja yang sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan, menangani musibah dan bencana, serta menuntaskan program-program SDGs (pembangunan berkelanjutan).

Agenda pembukaan Munas yang direncanakan mulai pada pukul 11.00 WIB tersebut, memiliki beberapa rangkaian acara. Dimulai dari laporan Ketua Umum Forum Zakat oleh Bapak Bambang Suherman, sambutan dari Bapak Yaqut Cholil Choumas, Menteri Agama RI, dilanjut sambutan oleh K.H Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI, dan ditutup dengan pemukulan gong peresmian pembukaan Munas ke-10 Forum Zakat. 

Sebagai informasi, Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat merupakan agenda rutin setiap tiga tahun untuk pemilihan ketua umum periode baru. Forum Zakat atau FOZ merupakan asosiasi lembaga pengelola zakat yang berfungsi sebagai wadah berhimpunnya Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia.

Munas FOZ ini tidak hanya menjadi platform untuk berbagi ide dan best practices dalam pengelolaan zakat, tetapi juga untuk merayakan prestasi serta menghargai kontribusi berbagai pihak yang berperan sebagai katalisator dalam transformasi positif sosial ekonomi.

Pada Munas ke-10 FOZ menegaskan komitmen Indonesia dalam mengembangkan zakat sebagai instrumen yang bermanfaat secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat luas. Dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah, OPZ, dan sektor swasta seperti Paragon, diharapkan zakat dapat semakin berperan dalam mengatasi ketimpangan sosial dan meningkatkan kesejahteraan bersama.

Harapannya acara ini juga memperkuat posisi Indonesia dalam arena zakat global, menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengelolaan zakat yang berbasis teknologi dan inovasi. Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi, Munas ke-10 FOZ diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi zakat sebagai sumber kekuatan ekonomi inklusif bagi bangsa Indonesia.

Rekomendasi