Empat Eks Pegawai KPK Daftar Sebagai Capim Periode 2024-2029

| 15 Jul 2024 16:40
Empat Eks Pegawai KPK Daftar Sebagai Capim Periode 2024-2029
Gedung KPK Jakarta. (ERA.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Ketua Indonesia Memanggil (IM) 57+ Institute, M Praswad Nugraha mengatakan, ada empat anggotanya yang mendaftar sebagai calon pimpinan (capim) KPK periode 2024-2029. Disebutkan bahwa mereka merupakan mantan pegawai lembaga antirasuah.

Empat orang yang dimaksud, yakni Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM), Herry Muryanto; Direktur Dikyanmas, Giri Suprapdiono; Staf ACLC, Hotman Tambunan; dan Kabag Rumah Tangga, Arien Marttanti Koesniar

"Pada saat ini, terdapat empat calon eks KPK yang tergabung dalam IM57+ Institute yang mendaftar sebagai bentuk komitmen kami bahwa KPK harus diisi oleh orang berintegritas," kata Praswad dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/7/2024).

Praswad menjelaskan, Pimpinan KPK memiliki peran sangat strategis. Sehingga Panitia Seleksi (Pansel) diharapkan mampu memilih calon pimpinan yang terbaik untuk mengembalikan KPK menjadi lembaga yang dipercaya publik.

"Untuk itu, saatnya pansel bekerja profesional untuk menghindari berbagai intervensi politik sehingga pansel mampu jadi benteng yang menghasilkan 10 calon berintergitas," jelas Praswad.

Adapun pendaftaran Capim dan calon Dewas KPK dibuka selama 20 hari, yaitu sejak 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Pendaftaran akan ditutup pada hari ini pukul 24.00 WIB.

Untuk mendaftar sebagai capim dan calon dewas KPK, pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Nantinya setelah melalui proses pendaftaran dan tahapan seleksi lainnya, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon dewas KPK yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diteruskan ke DPR RI.

Rekomendasi