Prabowo Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Pertahanan hingga Pertukaran Pendidikan Perwira Muda

| 15 Jul 2024 22:36
Prabowo Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Pertahanan hingga Pertukaran Pendidikan Perwira Muda
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape (Dok. Tim Media Prabowo)

ERA.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Senin (15/7) sore. 

Keduanya, membahas tentang hubungan kerja sama yang semakin akan dipererat antara Indonesia dan Papua Nugini, khususnya di bidang pendidikan.

"Saya sudah menawarkan sejak tahun lalu untuk lembaga pendidikan di TNI terbuka untuk pemuda-pemudi dari PNG, perwira-perwira muda mereka, taruna-taruna mereka, kami undang. Sekarang sudah dari Timor Timur di Akmil Magelang," kata Prabowo dalam siaran persnya, Senin (15/7/2024).

"Juga untuk Universitas Pertahanan kami juga membuka kesempatan untuk mereka. Mereka sangat menghargai," sambungnya.

Menurut Prabowo, Indonesia dan Papua Nugini memiliki filosofi yang sama soal pendidikan.

“Pokoknya kita ingin memelihara hubungan yang baik. Mereka juga mempunyai filosofi yang sama dengan kita. Mereka ingin menghormati semua negara, semua kekuatan. Kita punya pandangan hampir sama menghormati semua negara,” jelas Prabowo.

Terkait pembahasan kerja sama dalam bidang pertahanan di perbatasan, Prabowo mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan Papua Nugini sangat baik.

"Kerja sama kita sangat baik dan kita harus tahu bahwa banyak sekali warga yang di perbatasan itu berada di kedua bagian dari perbatasan. Mereka sangat menghormati kedaulatan kita," tegas Prabowo. 

Rekomendasi