Usai Serahkan Surat Pengunduran Diri, Gibran Persiapkan Pelantikan Wapres

| 16 Jul 2024 19:50
Usai Serahkan Surat Pengunduran Diri, Gibran Persiapkan Pelantikan Wapres
Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Solo (Era.id/Amalia Putri)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Pimpinan DPRD Kota Solo Selasa (16/7/2024). Pasca pengunduran diri ini Gibran mempersiapkan diri untuk pelantikan sebagai Wakil Presiden RI.

Sebagaimana diketahui, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan dijadwalkan pada 20 Oktober 2024 mendatang. Pasca pelantikan ini, presiden dan wakil presiden tidak boleh merangkap jabatan.

"Saya mohon doanya semoga semua dilancarkan (untuk persiapan pelantikan). Terima kasih sekali lagi pada semua pihak yang sudah mengawal program-program pemerintah di tiga tahun terakhir. Saya mohon izin pamit, mohon maaf bila selama ini ada salah," kata Gibran.

Pasca penyerahan surat pengunduran diri ini Gibran langsung membereskan ruang kerjanya di Balai Kota Solo dan rumah dinas Loji Gandrung. Sehingga keduanya bisa segera difungsikan oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa yang akan menggantikan posisinya.

Sementara untuk surat pengunduran diri, semua telah diserahkan ke pimpinan DPRD Kota Solo untuk segera ditindaklanjuti. "Kemudian akan diserahkan ke provinsi dan Kemendagri," katanya.

Saat ditanya apakah pengunduran diri ini merupakan arahan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto, Gibran mengatakan bahwa dirinya sudah berpamitan dengan sejumlah pihak. Di antaranya Gubernur Pj Jawa Tengah Nana Sudjana, Presiden terpilih Prabowo Subianto serta Mendagri Tito Karnavian. Gibran pun menegaskan bahwa dirinya sudah menjalankan semua prosedur yang telah ditentukan.

Gibran pun menekankan bahwa setelah surat pengunduran diri diserahkan, maka dirinya sudah tidak beraktivitas lagi di Balai Kota Solo. Gibran pun tak menunggu surat keputusan (SK) dari Kemendagri.

"Intinya ini sudah diproses, nanti dijeda waktu selama menunggu SK, saya masih ikut mengawal pekerjaan yang ada di Kota Solo. Tapi tanda tangan resmi berakhir siang ini. Sudah tidak ada pekerjaan besar yang akan dilakukan. Habis ini kami langsung bersih-bersih. Tapi saya masih di Solo sampai SK turun," ujarnya.

Sebagaimana diketahui Gibran merencanakan pengunduran diri selama beberapa waktu belakangan. Pengunduran diri ini sebagai persiapan dirinya untuk pelantikan Wakil Presiden RI. Gibran pun juga berencana sowan ke beberapa pihak dan akan belanja masalah ke beberapa lokasi. Selain itu dirinya akan mengawal untuk pekerjaan-pekerjaan yang ada di Solo.

"Misalnya Balekambang, sudah saya tandatangani BASD-nya. Jadi setelah ini pak Teguh tinggal segera membuka Balekambang untuk warga. Kemudan pemindahan para pedagang Pasar Jongke, sudah diatur oleh Dinas terkait. Jadi pembangunan yang ada ditahun ini bisa dilanjutkan oleh Pak Walikota, semoga kedepannya bisa berkelanjutan," ujarnya.

Rekomendasi