NasDem Resmi Dukung Anies Baswedan Jadi Cagub di Pilgub Jakarta 2024

| 22 Jul 2024 18:05
NasDem Resmi Dukung Anies Baswedan Jadi Cagub di Pilgub Jakarta 2024
Anies Baswedan resmi menerima dukungan Partai NasDem. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Partai NasDem resmi memberikan dukungan untuk Anies Rasyid Baswedan maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jakarta 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat. Dia mengatakan, keputusan ini diambil setelah menggelar rapat yang dipimpin oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

"Kami rapat DPP bersama DPW DKI, kita undang Pak Anies secara khusus, membahas lebih dalam tentang hasil Bappilu DPP Partai NasDem bersama DPW DKI pleno 11 Mei 2024 yang waktu itu mengkristal 3 nama untuk calon gubernur, Anies Baswedan, Ahmad Sahroni, dan Wibi Andrino," kata Hermawi kepada wartawan, Senin (22/7/2024).

"Sore ini kami telah membulatkan tekad, menyepakati untuk Pilkada DKI, Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," sambungnya.

Hermawi menjelaskan, pihaknya memberi kebebasan kepada Anies untuk menentukan sendiri siapa sosok yang akan mendampinginya dalam kontestasi pemilihan kepala daerah tersebut. Namun, ia menekankan, calon wakil Anies bukan dari Partai NasDem.

"Pak Anies juga diberi kebebasan sepenuhnya untuk menentukan siapa wakilnya dengan satu syarat, wakil itu tidak boleh dari Partai NasDem," tegas Hermawi.

"Kemudian, kita juga tadi tetapkan deklarasi dengan pasangan, Pak Anies dengan pasangannya siapa, nanti beliau akan jelaskan, selambat-lambatnya tanggal 22 Agustus 2024, tp bisa lebih cepat. Kalau Pak Anies bisa menyelesaikan PR-nya dalam tiga hari, berarti tanggal 25 dan seterusnya kira-kira seperti itu," imbuh dia.

Hingga saat ini, Anies Baswedan sudah resmi mengantongi dukungan dari dua partai politik, yaitu PKS dan NasDem.

PKS bahkan memasangkan Anies dengan Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur Jakarta.

Adapun PKB belum resmi mengeluarkan rekomendasi. Nama Anies baru sebatas diusulkan oleh DPW PKB.

Rekomendasi