NasDem, PPP, dan Perindo Gabung Koalisi, Prabowo: Ada yang Tidak Minta Kursi Menteri

| 15 Aug 2024 21:20
NasDem, PPP, dan Perindo Gabung Koalisi, Prabowo: Ada yang Tidak Minta Kursi Menteri
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (Istimewa)

ERA.id - Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyatakan Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Perindo bergabung ke koalisi pemerintahannya. Dari tiga partai yang baru bergabung ini, Prabowo menyebut ada partai yang tidak meminta jatah kursi menteri.

"Ada yang tidak minta, ada yang dari awal mengatakan kita dukung tapi kita tidak minta apa-apa. Tapi tentunya saya katakan tadi, kita ingin menggalang suatu kekuatan, persatuan yang kuat," kata Prabowo di rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Namun, Presiden Terpilih ini enggan mengungkapkan partai mana yang tidak meminta kursi menteri. Ketum Gerindra hanya mengatakan Indonesia saat ini berada di situasi global yang penuh krisis, ketegangan, dan ketidakpastian.

Untuk menghadapi hal itu, seluruh elemen bangsa harus bersatu.

"Soal jabatan itu tidak terlalu penting bagi tokoh-tokoh patriotik, ya. Kita akan cari putra-putri terbaik," tambahnya.

Diketahui pada hari ini Ketum NasDem Surya Paloh datang ke rumah Prabowo di Kertanegara. Usai bertemu, Prabowo mengatakan NasDem akan bergabung ke koalisi pemerintahannya.

"Oleh karena itu saya menyambut sangat baik kesediannya NasDem untuk turut bergabung dengan kami sama-sama mengabdi kepada negara dan bangsa," kata Prabowo di rumahnya, hari ini.

Setelah itu, Plt Ketum PPP, Muhamad Mardiono menemui Prabowo. Pertemuan keduanya berlangsung singkat. Prabowo lalu menyatakan jika PPP juga bergabung ke koalisi pemerintahannya.

"Baru saja saya menerima kedatangan Pak Mardiono, PPP, sahabat lama saya juga dan beliau menyampaikan keputusan PPP untuk bergabung dengan kami, koalisi kami, mendukung pemerintahan yang insya Allah akan saya pimpin mulai 20 Oktober yang akan datang," ungkap Prabowo.

Baru setelah itu giliran Ketum Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo datang berkunjung. Usai melakukan pertemuan dengan Prabowo, Angela menyatakan Perindo mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ya tentunya ini merupakan salah satu bentuk memang, kami melihat Partai Perindo ke depannya ini harus mendukung pemerintahan ya. Karena kalau kita ingin berkontribusi lebih lagi, kita harus bergabung dengan pemerintah," kata Angela.

Rekomendasi