Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI: Jokowi Pakai Baju Adat Banjar, Ma'ruf Amin Berjas Hitam

| 17 Aug 2024 16:40
Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI: Jokowi Pakai Baju Adat Banjar, Ma'ruf Amin Berjas Hitam
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Istana Negara, IKN. (Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden)

ERA.id - Upacara penurunan bendera dalam rangka HUT ke-79 RI kembali berlangsung di dua tempat yaitu di Istana Merdeka, Jakarta dan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara pada Sabtu (17/8/2024) sore.

Berdasarkan pantauan dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, dari Istana Negara, IKN, Presiden Joko Widodo terlihat mengenakan pakaian adat khas Banjar yaitu Baamar Galung Pancar Matahari, sedangkan Ibu Negara Iriana mengenakan busana Nusantara. Hadir pula presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Adapun Jokowi akan menjadi inspektur upacara dalam pelaksanaan penurunan bendera merah putih di IKN. 

Dari Istana Merdeka, Jakarta, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka kompak mengenakan setelan jas berwarna hitam. Keduanya didampingi istri masing-masing.

Upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT ke-79 RI berlangsung khimad. Meskipun digelar secara hybrid, tidak ada kendala dalam pelaksanannya. 

Jokowi dan para tamu undangan sempat memberikan tepuk tangan meriah usai Paskibraka selesai melaksanakan tugasnya.

Sebagai informasi, Upacara HUT ke-79 RI digelar di dua tempat yaitu Istana Negara, IKN dan Istana Merdeka, Jakarta. Namun proses pengibaran bendera merah putih dilakukan di IKN.

Upacara ini menjadi upacara terakhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo sebelum pelantikan Presiden terpilih Oktober mendatang.

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara di IKN dan didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti upacara di Istana Merdeka, Jakarta bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Rekomendasi