Jokowi Resmi Lantik Taruna Ikrar Jadi Kepala BPOM

| 19 Aug 2024 11:05
Jokowi Resmi Lantik Taruna Ikrar Jadi Kepala BPOM
Taruna Ikrar usai dilantik sebagai kepala BPOM. (Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dia menggantikan Rizka Andalucia yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala BPOM. 

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Prosesi pelantikan diawali dengan membacakan Keputusan Presiden RI Nomor 115/PPA Tahub 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Utama di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Setelah itu, Jokowi mengambil sumpah jabatan.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang diikuti Ikrar saat pelantikan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Selain melantik Kepala BPOM, hari ini Presiden Jokowi juga melantik sejumlah menteri dan wakil menteri, serta kepala lembaga.

Diantaranya yaitu melantik Supratman Andi Agtas sebagai menkumham, Bahlil Lahadalia sebagai menteri ESDM, Rosan Roeslani sebagai menteri investasi/BKPM, dan Angga Raka sebagai wamenkominfo.

Kemudian melantik Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Dadan Hindayana sebagai kepala Badan Gizi Nasional.

Rekomendasi