Agus Gumiwang Pastikan Bahlil Lahadalia Bakal Ditetapkan Sebagai Ketum Golkar saat Munas

| 20 Aug 2024 13:41
Agus Gumiwang Pastikan Bahlil Lahadalia Bakal Ditetapkan Sebagai Ketum Golkar saat Munas
Agus Gumiwang Kartasasmita bersama pimpinan DPP Golkar (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Bahlil Lahadalia menjadi satu-satunya nama yang lolos sebagai calon ketua umum Golkar. Ia pun memastikan, dalam Musyawarah Nasional (Munas), Bahlil akan ditetapkan menjadi pucuk pimpinan partai berlogo pohon beringin ini.

Hal itu Agus sampaikan disela-sela pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Selasa (20/8/2024). Dia mengungkapkan, proses verifikasi calon ketua umum sudah selesai dilkukan dan hanya Bahlil yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon ketua umum Golkar.

"Sebagai calon ketum hanya satu, yaitu Bapak Bahlil Lahadalia," kata Agus.

Agus menyebut, saat pelaksanaan Munas, Bahlil bakal hadir sebagai calon ketua umum tunggal Partai Golkar.

"Sehingga hanya ada satu bahwa nanti dalam munas kita akan segera memutuskan dan menetapkan Bapak Bahlil sebagai ketua umum Golkar untuk lima tahun ke depan," tegas Agus

Adapun Partai Golkar menggelar Munas XI pada hari ini dan besok, Rabu (21/8/2024). Rencananya, Bahlil akan menyampaikan visi dan misinya sebelum ditetapkan sebagai ketua umum Golkar yang baru.

"Visi dan misi itu besok agendanya pukul 10.00-12.00 WIB. Untuk penyampaian visi misi sekaligus Partai Golkar menetapkan ketua umum baru," jelas Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar, Adies Kadir.

Sebelumnya, dua politikus Golkar, Bahlil Lahadalia dan Ridwan Hisjam mendaftar sebagai bakal calon (bacalon) Ketua Umum (Ketum) Golkar. Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas Partai Golkar, Adies Kadir menyebut hanya Bahlil yang lolos menjadi calon Ketum Golkar.

"Malam ini Steering Committee melalui komite pemilihan telah menemukan satu orang calon Ketua Umum Partai Golkar saja untuk periode 2024-2029 atas nama saudara Bahlil Lahadalia," kata Adies kepada wartawan, Senin (19/8) malam.

Adies menjelaskan Steering Committee telah melakukan verifikasi berkas Bahlil dan Ridwan. Dari proses ini, Ridwan Hisjam tak lolos verifikasi karena tak memenuhi dua persyaratan.

"(Ridwan tidak lolos persyaratan karena) dari 7 persyaratan, ada 2 persyaratan yang tidak terpenuhi. Yang paling (penting) ini adalah surat dukungan," jelasnya.

Rekomendasi