Bahlil Jadi Caketum Tunggal Golkar, Agus Gumiwang: Beliau Salah Satu Kader Terbaik

| 20 Aug 2024 14:07
Bahlil Jadi Caketum Tunggal Golkar, Agus Gumiwang: Beliau Salah Satu Kader Terbaik
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita memberi keterangan dalam konferensi pers usai Rapimnas di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024). (ERA.id/Flori)

ERA.id - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menjadi calon tunggal ketua umum Golkar setelah dinyatakan lolos verifikasi.

Menurut dia, Bahlil merupakan salah satu kader terbaik partai berlogo pohon beringin ini. Selain Bahlil, politisi Golkar lainnya yang mendaftar sebagai bakal calon (bacalon) Ketua Umum (Ketum) Golkar adalah Ridwan Hisjam tapi dia gagal dalam tahap verifikasi dan tidak lolos sebagai caketum.

"Jadi Pak Bahlil itu yang memang satu-satunya caketum yang lolos proses verifikasi dan beliau adalah salah satu kder terbaik di partai Golkar," kata Agus dalam konferensi pers usai Rapimnas di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Secara terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily menegaskan bahwa Bahlil memenuhi persyaratan untuk maju sebagai calon ketua umum. Salah satunya, yakni aktif dalam kepengurusan dan keanggotaan partai.

"Pak Bahlil pernah menjadi Bendahara DPD Golkar Provinsi Papua dan itu tidak bisa digugurkan keanggotaannya. Digugurkan keanggotaannya itu kan kalau misalnya ia menyalahi PDLT (prestasi, dedikasi, disiplin loyalitas, dan tidak tercela), sejauh ini beliau tidak pernah tidak aktif," jelas Ace.

"Beliau memang pernah tidak aktif dalam kepengurusan, tapi ya sebagai keanggotaan tidak pernah dicabut. Jadi itu sudah sangat memenuhi persyaratan," sambungnya.

Disamping itu, Ace membantah adanya intervensi dari Presiden Joko Widodo terhadap pencalonan Bahlil. "Saya kira enggak lah, ya, karena semua kader memiliki hak yang sama untuk bisa mencalonkan, termasuk diantaranya Pak Bahlil," tegas Ace.

Rekomendasi