Ngabalin Klaim Muncul Aspirasi Jokowi Jadi Ketua Dewan Pembina Golkar

| 20 Aug 2024 23:15
Ngabalin Klaim Muncul Aspirasi Jokowi Jadi Ketua Dewan Pembina Golkar
Ali Mochtar Ngabalin. (Antara)

ERA.id - Politisi Partai Golkar Ali Mochtar Ngabalin mengungkap, berkembang aspirasi untuk menetapkan Presiden Joko Widodo sebagai ketua dewan pembina Partai Golkar periode 2019-2024. Aspirasi itu diusulan dalam Musyarawah Nasional XI Partai Golkar.

"Sekarang yang aspirasi sedang terus berkembang dan baik dari daerah-daerah yang ada di forum Munas ini adalah meminta kesediaan bapak Jokowi menjadi ketua dewan pembina partai Golkar untuk 2024-2029," kata Ngabalin di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Dia mengatakan, selain menetapkan Balil sebagai ketua umum, forum munas juga akan menetapkan ketua dewan pembina.

"Ini sekarang aspirasi yang berkembang untuk pertama kali ketua umum tunggal ketua umum adalah Pak Bahlil Lahadalia dan nanti Munas akan menetapkan ketua dewan pembina," katanya.

Dia menambahkan, aspirasi terkait Jokowi menjadi ketua dewan pembina akan dibahas dalam forum munas.

Menurutnya, dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART), tidak ada aturan bahwa dewan pembina harus berasal dari Partai Golkar.

"Karena Golkar itu adalah partai terbuka partai modern maka aspirasi apapun yang berkembang dimusyawarahkan nasional partai Golkar nanti pimpinan Munas dan seluruh peserta Munas akan mempertimbangkan semuanya dengan begitu maka tentu saja ada anggaran dasar dalam rumah tangga jadi," kata Ngabalin.

Terpisah Ketua Pimpinan Sidang Munas Golkar Adies Kadir membantah adanya aspirasi yang meminta Jokowi menjadi ketua dewan pembina.

"Tidak ada. Jadi tidak ada itu, termasuk usulan Pak Jokowi juga tidak ada. Jadi tidak ada, saya tegaskan lagi, tidak ada ormas yang berbicara tentang Pak Jokowi," kata Adies.

Namun, Adies tak menutup peluang akan ada pembahasan untuk mengubah AD/ART terkait posisi dewan pembina.

"Terkait dengan ada perubahaj AD/ART atau tidak, ada dewan pembina diubah atau tidak, atau dewan pembina ditentukan besok atau ditentukan oleh ketua umum, itu besok pada saat rapat-rapat komisi," kata Adies.

Rekomendasi