PDIP Umumkan 6 Pasang Cagub-Cawagub, Tak Ada Nama Anies-Rano Karno

| 26 Aug 2024 14:45
PDIP Umumkan 6 Pasang Cagub-Cawagub, Tak Ada Nama Anies-Rano Karno
PDIP umumkan sejumlah calon kepala daerah yang akan diusung di Pilada 2024. (Dok.DPP PDIP)

ERA.id - DPP PDI Perjuangan kembali mengumumkan sejumlah bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Total ada 60 calon kepala daerah yang diumumkan. Terdiri dari 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur, 38 bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati, serta 16 bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota.

"Jumlah total pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah diputuskan Ibu Megawati Soekarnoputri berasal dari 60 daerah. Tingkat provinsi sebanyak enam provinsi," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Adapun, 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang resmi diusung PDIP untuk Pilkada serentak tahun 2024, diantaranya:

1. Sulawesi Utara, Steven Kandouw - Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

2. Banten, Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi

3. Jawa Tengah, Andika Perkasa - Hendrar Prihadi atau Hendi.

4. Gorontalo, Hamzah Isa - Andurrahman Abubakar Bahmid.

5. Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto.

6. Kalimantan Utara, Andi Sulaiman - Andri Partono.

Namun, tidak ada nama Anies Baswedan dan Rano Karno yang sebelumnya santer dikabarkan bakal diumumkan sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jakarta 2024.

Setelah pembacaan, perwakilan calon Kepala Daerah yang diusung menerima penyerahanan Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan langsung SK tersebut kepada calon kepala daerah.

Sebelumnya, DPP PDIP mengumumkan 169 Calon Kepala Daerah pada gelombang satu dan gelombang kedua di Pilkada 2024, beberapa waktu lalu. Pengumuman pertama dilakukan pada 14 Agustus lalu.

Rekomendasi